Breaking News:

TRIBUN WIKI

Mengenal Sejarah & Geografis Tanjungpinang, Kota Kelahiran Adesti Apriani Puteri Indonesia Kepri

Adesti Apriani Puteri Indonesia 2020 dari Kepulauan Riau lahir di Tanjungpinang. Simak sejarah dan geografis kota Tanjungpinang.

TRIBUNBATAM.ID/ENDRA KAPUTRA
Suasana di simpang tugu Adipura kilometer 6, Kota Tanjungpinang saat traffic light mati. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Adesti Apriani merupakan perwakilan dari Kepulauan Riau yang akan berkompetisi di ajang Puteri Indonesia 2020.  

Dara yang sebentar lagi berusia 19 tahun ini lahir di Kota Tanjungpinang, 26 April 2001.

Tanjungpinang sendiri adalah ibukota Kepulauan Riau yang terletak di pulau Bintan dan beberapa pulau kecil seperti Pulau Dompak dan Pulau Penyengat.

Kota ini memiliki cukup banyak daerah pariwisata seperti Pulau Penyengat yang hanya berjarak kurang lebih 2 mil dari Pelabuhan Sri Bintan Pura, Pantai Trikora dengan pasir putihnya terletak kurang lebih 65 km dari kota, dan Pantai Buatan yaitu Tepi Laut yang terletak di garis pantai pusat kota sebagai pemanis atau wajah kota (waterfront city).

Sebagian wilayah Tanjungpinang merupakan dataran rendah, kawasan rawa bakau, dan sebagian lain merupakan perbukitan, sehingga lahan kota sangat bervariasi dan berkontur.

SEJARAH

Melansir situs resmi kota Tanjungpinang, Sejak tahun 1983 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 1983, Tanjungpinang berstatus sebagai kota administratif bagian dari Kabupaten Kepulauan Riau, Provinsi Riau.

Bersama dengan Dumai yang telah lebih dulu menjadi kota administratif pada tahun 1979, Tanjungpinang merupakan kota administratif kedua di Provinsi Riau.

Dasar pembentukan kota administratif di Indonesia ketika itu diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Pemerintahan Daerah.

Meski berstatus sebagai kota administratif, Tanjungpinang bukanlah sebuah kota otonom karena tidak memiliki Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved