Kemenkes Tegaskan Viral 6 Kota Termasuk Batam Zona Kuning Virus Corona Tidak Benar

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membantah pesan berantai tentang 6 kota termasuk Batam masuk zona kuning virus corona (Vovid-19).

Kemenkes Tegaskan Viral 6 Kota Termasuk Batam Zona Kuning Virus Corona Tidak Benar
istimewa
Novel Corona Virus dinamakan Covid-19 oleh WHO 

JAKARTA, TRIBUNBATAM.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membantah pesan berantai tentang 6 kota  termasuk Batam masuk zona kuning virus corona (Vovid-19).

Pesan berantai itu menyebar melalui whatsapp.

Adapun informasi yang dimaksud berbunyi, "Info kemkes 6 kota zona kuning corona: Medan, Batam, Jkt, Sby, Bali dan Manado. Sediakan masker di rumah dan hand sanitizer. Usahakan jangan dl ke tempat umum dan travelling."

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihantono memastikan informasi tersebut tidak benar.

"Kemenkes tidak pernah keluarkan Zona Kuning perihal kewaspadaan atau kedarutan Covid-19," ujar Anung saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (28/2/2020).

Gegara Corona, Ini Langkah Wali Kota Batam Selamatkan Pertumbuhan Ekonomi yang Melesu

Kena Hantam Corona, Tiket Pesawat ke Singapura Diobral Murah, ke Batam Diskon 50 Persen

Dikonfirmasi secara terpisah, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto mengatakan informasi itu tidak benar.

Ia memastikan Kemenkes tidak pernah mengeluarkan informasi tersebut. Namun, Yuri menjelaskan, pemerintah memang meminta kewaspadaan pengawasan di enam kota itu.

"Kalau kota-kota itu, kita katakan harus ada kewaspadaan yang lebih tinggi sebagai pintu masuk (kunjungan dari berbagai negara). Itu terdapat bandara internasional juga pelabuhan," ujar Achmad kepada Kompas.com.

Peningkatan kewaspadaan yang dimaksud pemerintah adalah untuk mencegah dan menangkal penyebaran virus corona.

Adapun keenam kota itu adalah Medan, Jakarta, Batam, Surabaya, Bali dan Manado.

Halaman
123
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved