TRIBUN WIKI

Mengenal Silat Pengantin, Tradisi Unik Pernikahan di Kepri

Upacara pernikahan selalu diwarnai dengan beragam tradisi yang unik. Kepulauan Riau punya tradisi unik yakni Silat Pengantin

instagram.com/md.reza
Silat pengantin 

TRIBUNBATAM.id - Upacara pernikahan selalu diwarnai dengan beragam tradisi yang unik. 

Jika masyarakat Betawi punya tradisi Palang Pintu saat mengantarkan mempelai pria untuk mempersunting  mempelai wanita, masyarakat Melayu di Kepulauan Riau juga memiliki tradisi serupa.

Bagian dari rangkaian upacara pernikahan yang menunjukkan kemampuan bela diri ini bernama Silat Pengantin.

Melansir situs resmi Disbud Kepri, Silat pengantin merupakan tradisi yang digelar oleh masyarakat Lingga dalam upacara pernikahan.

Adu bela diri ini dilakukan ini untuk menyambut pengantin laki-laki menuju ke pelaminan.

Tidak hanya itu, Silat Pengantin juga sering ditampilkan untuk menyambut tamu-tamu besar yang datang ke negeri Bunda tanah Melayu.

Jenis Silat Pengantin relatif beragam tergantung dari aliran masing-masing daerah.

Kendati demikian, Silat Pengantin ini masih dapat ditemui disetiap perhelatan maupun acara besar dan kegiatan pemerintahan dalam penyambutan Tamu.

Pada rangkaian Tata cara Adat Perkawinan Melayu Lingga, Silat pengantin ini biasanya dilakukan  pada kegiatan mengantar pengantin laki-laki ke rumah pengantin perempuan.

Ketika sampai  di rumah mempelai perempuan, rombongan pengantin laki-laki disambut dengan kegiatan bersilat dari kedua belah pihak untuk beberapa menit.

Halaman
1234
Penulis: Widi Wahyuning Tyas
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved