Tour de Bintan 2020

Cegah Virus Corona saat Tour de Bintan, Dinkes Bakal Cek Suhu Tubuh Peserta Setiap Hari

Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan kawal ketat penyebaran virus Corona, khususnya saat Tour de Bintan 2020.

TribunBatam.id/Alfandi Simamora
Kepala Dinas Kesehatan Bintan, Gama Isnaeni melakukan langkah antisipasi masuknya virus Corona saat Tour de Bintan 2020/ 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan kawal ketat penyebaran virus Corona, khususnya saat Tour de Bintan 2020.

Petugas medis diakui Kepala Dinas Kesehatan Bintan, dr Gama Isnaeni akan mengecek sejumlah peserta yang akan mengikuti lomba balap sepeda selama 2 hari sejak 27 Maret 2020 itu.

"Untuk memastikan peserta tour de Bintan aman dari virus corona, kita nanti akan turun kelapangan untuk mengecek kondisi tubuh peserta tidak terjangkit COvid-19," tutur Kepala Dinas Kesehatan Bintan, Gama Isnaeni, Jumat (6/3/2020).

Gama menyebutkan, koordinasi dengan PT Bintan Resort Cakrawala dan Dinas Pariwisata dilakukan untuk mengantisipasi masuknya virus Corona ke Bintan.

Sejumlah langkah akan dilakukan seperti pengecekan suhu dan kesehatan tubuh para peserta setiap hari.

Menurutnya, wabah ini tidak langsung nampak terjangkit kepada seseorang. Bisa jadi sekarang peserta masuk ke Bintan belum ada tanda-tanda, baik itu suhu tubuhnya meningkat dan lain-lain.

Worried about Corona Virus, Residents Ask Government to Coordinate with WHO for Tour de Bintan 2020

Empat Rider Internasional Bakal Ikut Tour De Bintan 2020, Wan Rudi Sebut 900 Peserta Sudah Mendaftar

"Nah ternyata besoknya sudah inkubasi dan panas, disinilah kita bisa kalang kabut. Maka dari itu kita akan lakukan pengecekan setiap hari selama kegiatan berlangsung," ucapnya.

Apabila ada peserta yang diduga memiliki gejala terjangkit virus Corona, pihaknya langsung mengambil langkah untuk melakukan karantina, dan di isolasi di ruangan yang sudah disediakan sebelum di rujuk ke RSUP Provinsi Kepri untuk penanganan lebih lanjut.

"Jadi jika ada tanda-tanda peserta terjangkit kita akan tangani sesuai dengan standar prosedur yang ada dalam penanganan suspect virus Corona," ucapnya.

Gama Isnaeni juga menambahkan, sejak wabah ini menjadi pemberitaan dunia, pihaknya juga sudah melakukan berbagai upaya.

Di antaranya berkoordinasi dengan warga agar segera melaporkan orang asing yang sakit. Kemudian, pintu masuk dari berbagai negara yang masuk pelabuhan Bintan juga dilengkapi dengan alat pendeteksi coronavirus.

"Kemudian, dalam waktu dekat ini juga pusat akan turun untuk melakukan pertemuan terkait penangan (COVID-19)," katanya.(TribunBatam.id/Alfandi Simamora)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved