VIDEO - Begini Perjuangan Badu Nafkahi 9 Anak dari Hasil Melaut

Banyak suka duka yang harus dia lewati saat melaut demi bisa menafkahi 9 anak dan juga istrinya.

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badu (54) seorang nelayan warga RT 04 RW 02 Desa Cemaga Selatan, Kecamatan Bunguran Timur Selatan, Natuna berhasil membesarkan 9 orang anak bahkan ada yang sudah selesai kuliah hanya dengan hasil melaut.

Sembari duduk di atas pompong yang sering ia gunakan melaut, Badu yang ditemui TRIBUNBATAM.id, beberapa waktu lalu mengaku perjuangan hidup yang dilaluinya bukan hal mudah.

Banyak suka duka yang harus dia lewati saat melaut demi bisa menafkahi 9 anak dan juga istrinya.

"Anak saya 9 orang, jadi di rumah itu ada 11 orang kalau ikut saya dan istri. Kalau kata orang bisa jadi tim pesepak bola. Ya begitu, tapi kan banyak anak banyak rezeki," katanya sambil tersenyum.

Duduk di atas kapal pompong sesekali diayun ombak sore hari, Badu menceritakan bagaimana perjuangannya agar dapat membiayai kebutuhan 9 anaknya.

"Dibilang susah, kadang ya begitulah peliknya kehidupan. Tidak selamanya di atas dan enak. Kadang di bawah memikul beban," katanya.

 Suryana Geluti Banyak Bisnis Demi Wujudkan Mimpi Miliki Sebuah Rumah Seni

Badu mengatakan, memang ada yang bertanya bagaimana cara dia menghidup 9 anaknya hingga ada yang sampai selesai kuliah padahal hanya bergantung pada hasil laut.

"Tentu saya meyakini bahwa banyak anak banyaklah rezeki, kita percaya sama Tuhan kita, dia tak akan meninggalkan hambanya, yang penting kita tetap kerja keras," kata Badu. 

Dia mengakui, memang tidak mudah menafkahi 9 anak. Namun dia meyakini asalkan kerja keras dan pantang menyerah pasti ada jalan.

"Saat berangkat melaut sudah terpikir di benak ini untuk biaya kebutuhan anak dan istri. Jadi semaksimal mungkin pun kita upayakan agar dapat ikan, kadang dengan jaring dan pancing," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved