TANJUNGPINANG TERKINI

Ada Pameran Kebesaran Engku Raja Hamidah, Ini Rangkaian Festival Pulau Penyengat 2020

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang akan buat Festival Pulau Penyengat (FPP) 2020. Dijadwalkan, festival itu akan diadakan 19-21 Maret.

TribunBatam.id/Istimewa
Pamflet Festival Pulau Penyengat (FPP) 2020. Rangkaian kegiatan pariwisata akan diselenggarakan sejak 19 hingga 21 Maret 2020. 

TANJUNGPINANG,TRIBUNBATAM.id - Sejarah Pulau Penyengat, Provinsi Kepri jadi perhatian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang.

Mereka akan membuat Festival Pulau Penyengat (FPP) 2020. Rencananya, festival itu akan diselenggarakan selama 3 hari terhitung 19 hingga 21 Maret 2020.

Beragam lomba bakal dikemas secara apik, termasuk pameran kebesaran Engku Puteri Raja Hamidah di Balai Adat Pulau Penyengat.

"Rangkaian acara pembukaan FPP akan berlangsung Kamis (19/3/2020) pagi, di Panggung Balai Adat Indera Sakti Pulau Penyengat," Kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang Surjadi, Kamis (12/3/2020).

Pulau Penyengat merupakan pulau bersejarah dan warisan kebesaran Engku Putri Raja Hamidah.

Pulau kecil yang berada tepat di depan Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau ini pernah menjadi pusat pemerintahan di masa Kesultanan Melayu.

Sejarah inilah yang menjadi perhatian dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang untuk menghadirkan Festival Pulau Penyengat (FPP) 2020.

"Selain itu, ada lomba napak tilas sejarah warisan kebesaran Engku Puteri Raja Hamidah, lomba membaca Gurindam IX dan sosialisasi cagar budaya bertempat di Pulau Penyengat. Sedangkan lomba jong kecil berlangsung di Kampung Bulang Tanjungpinang," ungkapnya.

Rangkaian kegiatan pada malam hari diisi dengan zapin dan silat sanggar majelis kebudayaan daerah Johor Baru dan Staman akustik, di Balai Kelurahan Pulau Penyengat.

"Di hari kedua, FPP akan diisi dengan lomba pangkak gasing anak-anak, lomba melukis siswa SMP, art perfomance by sanggar Sirih Besar, lomba memindahkan balok, ilustrasi, art performance dan fashion show, dan lomba tapak antu (kaki tempurung) bertempat di Balai Adat Pulau Penyengat," ucapnya.

Halaman
1234
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved