BATAM TERKINI

RS Khusus Covid-19 segera dibangun, Ini Material yang Dibawa Pesawat Hercules Milik TNI AU ke Batam

Para anggota TNI AU serta sekitar 20 tenaga kerja bongkar muat membongkar isi pesawat Hercules yang membawa penunjang konstruksi bangunan RS Covid19

TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN HAMAPU
Proses bongkar material penunjang pembangunan rumah sakit khusus Covid-19 tengah dikerjakan oleh anggota TNI AU dan pekerja pada Kamis (12/3/2020) 
BATAM, TRIBUNBATAM.id - Rumah Sakit Khusus Penanganan Covid-19 yang dicanangkan oleh pemerintah pusat di Pulau Galang Batam segera dibangun.
Pada Kamis (12/3/2020), pesawat Hercules milik TNI AU Skadron 32 Malang A-1333 tiba di Bandar Udara Hang Nadim Batam, Kepri dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta.
Pesawat Hercules milik TNI AU ini terparkir rapi di dekat cargo Bandara Hang Nadim Batam.
Para anggota TNI AU serta sekitar 20 tenaga kerja bongkar muat membongkar isi pesawat Hercules yang membawa bahan penunjang konstruksi bangunan rumah sakit khusus Covid-19.
Dari pantauan Tribun Batam di cargo Bandara Hang Nadim, bahan material seperti tangga lipat aluminium mulai dikeluarkan dari pesawat oleh pekerja dan anggota TNI AU.






Bahan lain seperti pipa AC, kabel listrik warna putih, serta karpet penutup lantai bermerek Forbo juga diangkut menggunakan pesawat Hercules tersebut.
Terlihat dari pantauan, ribuan pipa listrik berwarna putih berukuran kecil juga diangkut pesawat Hercules milik TNI AU A-1333.

Selain itu ada sekitar 3 unit forklift atau truk garpu untuk mengangkat barang berat dari dalam pesawat Hercules dan sebanyak 2 mobil kontainer dengan bak terbuka.
Pesawat Hercules tersebut juga membawa beberapa buah kotak berwarna silver yang ditarik keluar pesawat menggunakan kendaraan forklift.
Hingga pukul 16:52 WIB, kegiatan bongkar dari pesawat Hercules yang membawa material penunjang pembangunan rumah sakit khusus Covid-19 masih berlangsung.
Mendarat di Batam

Pemerintah menggesa pembangunan Rumah Sakit Khusus Covid-19 di Pulau Galang, Batam, Kepri.

Setelah penetapan ex Camp Vietnam Galang sebagai lokasinya, sejumlah pejabat tinggi seperti Panglima TNI (Tentara Nasional Indonesia), Kapolri, Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) mondar-mandir ke lokasi tersebut untuk memastikan pembangunan rumah sakit khusus penanganan corona.

Dari informasi yang dihimpun Tribun Batam, material untuk pembangunan rumah sakit khusus penanganan Covid-19 akan tiba di Kota Batam, Kamis (12/3/2020).

Material tersebut diangkut menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU dan tiba di Bandara Hang Nadim Batam sekira pukul 14:10 WIB.

Saat ini pesawat Hercules tersebut telah tiba di Bandara Udara Hang Nadim Batam dan sedang melakukan persiapan menurunkan muatan dari pesawat ke luar.

Alasan Pemerintah Tunjuk Ex Camp Vietnam Jadi RS Khusus Corona

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengungkapkan alasan kenapa bangunan ex camp Vietnam jadi pilihan lokasi pembangunan RS terintegrasi untuk penanganan virus corona (Covid19).

Saat meninjau lokasi bersama Menteri PUPR dan rombongan, petinggi TNI itu mengatakan alasannya.

"Kenapa dipilih pulau Galang, Batam, karena Batam memiliki lokasi yang strategis," katanya.

Menurutnya, lokasi ini mudah diakses dari bandara Hang Nadim Batam dan bisa didarati pesawat yang berukuran kecil hingga berukuran besar.

“Jarak bandara dengan lokasi, ex Camp Vietnam yang akan didirikan rumah sakit juga terhitung dekat. Bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam,” ujarnya.

Tidak hanya itu, bangunan di Ex Camp Vietnam juga memiliki ketersediaan fasilitas.

“Air bersih sudah tersedia, begitu juga dengan listrik serta sudah ada bekas gedung rumah sakit. Hanya saja kita tinggal merehapnya kembali,” terang Panglima.

Tinjau Lokasi

Rombongan Panglima TNI, Mentri PUPR, Sesditjen P2P dan Kepala BNPB telah tiba di ex camp Vietnam, Rabu (4/3/2020) sekira pukul 11:00 WIB.

Rombongan tersebut tiba beriringan menggunakan mobil Patwal, mobil pribadi dan bus yang membawa rombongan Panglima TNI, Mentri PUPR, Sesditjen P2P dan Kepala BNPB.

Kedatangan rombongan tersebut untuk melakukan peninjauan rencana pembangunan Rumah sakit Terintegrasi Untuk Perbatasan di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Dari pantauan TRIBUNBATAM.id di lokasi ex camp Vietnam sejak pagi petugas gabungan serta anggota kepolisian telah melakukan penjagaan di portal penjagaan.

Rombongan langsung memasuki kawasan ex camp Vietnam.

Dijaga Ketat Aparat Gabungan

Menyambut kunjungan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama rombongan, lokasi eks camp Vietnam dijaga ketat oleh petugas gabungan.

Pantauan TRIBUNBATAM.id, Rabu (04/03/2020) pagi puluhan petugas dari TNI dan Polri dibantu dibantu Satpol PP dan Ditpam BP Batam tampak berjaga di pintu masuk menuju ex camp Vietnam.

Sementara puluhan personel Bri-mob sudah berjaga di dalam lokasi.

Bahkan mobil Gegana dan Baracuda juga disiagakan.

Dari informasi yang dihimpun, penjagaan lokasi ex camp Vietnam itu berhubungan dengan kedatangan rombongan Panglima.

Diketahui rombongan Panglima TNI baru saja tiba di Batam dan sedang menuju pulau Galang untuk meninjau lokasi ex camp Vietnam yang akan dijadikan rumah sakit khusus penanganan virus corona.

Rumah sakit terintegrasi untuk Perbatasan di pulau Galang tersebut nantinya akan digunakan untuk penanganan Khusus Virus Corona (Covid 19).

Rombongan Panglima TNI dan Menteri PUPR Tiba di Batam

Rombongan Panglima TNI, Menteri PUPR, Sesditjen P2P dan Kepala BNPB tiba di kedatangan VIP Bandara Hang Nadim Batam pada pukul 09:45 WIB.

Rombongan tersebut tiba menggunakan pesawat Boeing milik TNI AU A-7305

Kedatangan rombongan tersebut untuk melakukan peninjauan rencana pembangunan Rumah sakit terintegrasi Untuk Perbatasan di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Dari pantauan TRIBUNBATAM.id di bandara Hang Nadim Batam sejak pagi kurang lebih pukul 08:00 WIB, petugas dari TNI AU serta anggota kepolisian telah melakukan penjagaan di kedatangan VIP bandara Hang Nadim Batam.

Mobil Patwal, mobil, bus telah bersiaga untuk penjemputan rombongan Panglima TNI, Mentri PUPR, Sesditjen P2P dan Kepala BNPB baik kendaraan milik TNI maupun kepolisian.

Setelah tiba, rombongan bergegas meninggalkan kedatangan VIP bandara Hang Nadim Batam pada Pukul 09:58 WIB menuju pulau Galang, kecamatan Galang kota Batam. (TRIBUNBATAM.id/Alamudin Hamapu/Beres Lumbantobing)
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved