INFO KEUANGAN

Transaksi Kartu Kredit Wajib Pakai PIN Mulai Juli 2020

Terhitung Juli 2020, seluruh transaksi kartu kredit wajib menggunakan penggunaan personal identification number (PIN).

Transaksi Kartu Kredit Wajib Pakai PIN Mulai Juli 2020
duniabiza.com, Dok. HaloMoney.co,id
Ilustrasi kartu kredit 

TRIBUNBATAM.id - Terhitung Juli 2020, seluruh transaksi kartu kredit wajib menggunakan penggunaan personal identification number (PIN).

Dalam ketentuan Bank Indonesia, mulai Juli mendatang seluruh transaksi via kartu kredit wajib menggunakan PIN.

“Sesuai ketentuan Bank Indonesia, mulai 1 Juli 2020, transaksi kartu kredit sudah tidak akan menerima verifikasi berdasar tanda tangan. 100% wajib menggunakan PIN,” kata Direktur Konsumer PT Bank CIMB NIaga Tbk (BNGA) Lani Darmawan kepada Kontan.co.id, Rabu (11/3/2020). 

Saat ini Bank CIMB Niaga disebut Lani juga tengah getol mengedukasi para nasabah kartu kreditnya untuk mengaktifkan PIN.

Sebab, Lani bilang meskipun telah seluruh nasabah kartu kredit CIMB Niaga telah dilengkapi dengan PIN, namun baru sekitar 60% yang menggunakannya.

Hal senada juga disampaikan Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Santoso Liem. Saat ini bank swasta terbesar di tanah air ini memang tengah giat mengampanyekan kewajiban ini kepada merchant dan nasabahnya.

“Dari 4,6 juta kartu kredit kami yang dimiliki nasabah, 100% sudah dilengkapi PIN. Namun memang yang aktif menggunakan baru sekitar 64%,” katanya kepada Kontan.co.id.

Belum optimalnya, penggunaan PIN untuk transaksi kartu kredit memang jadi satu tantangan.

Visa Indonesia bersama YouGov dalam sebuah survei yang dilakukan Februari lalu menjelaskan, satu dari empat responden yang memegang lebih dari satu kartu kredit belum mengaktifkan PIN untuk semua kartu kreditnya.

Adapun 11% responden mengaku masih mengandalkan tanda tangan sebagai otentifikasi transaksi kartu kreditnya. 25% menggunakan tanda tangan, da PIN.

Halaman
12
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved