BRIGHT PLN BATAM

Kenali Penyebab Terjadinya Pemadaman Listrik, Cek Apa Saja Ya

Humas Bright PLN Kota Batam Rahmat Furqan mengajak masyarakat memahami sebenarnya penyebab listrik padam.

Kenali Penyebab Terjadinya Pemadaman Listrik, Cek Apa Saja Ya
planet science
Ilustrasi Pemadaman Listrik 

TRIBUNBATAM.id, BATAM -  Humas Bright PLN Kota Batam Rahmat Furqan mengajak masyarakat memahami sebernarnya penyebab listrik padam.

"Secara umum listrik padam dapat disebabkan karena dua hal, yaitu pemadaman yang terencana dan pemadaman tidak tercana," kata Furqan.

Furqan mengungkapkan bahwa pemadaman terencana adalah pemadaman karena adanya kegiatan PLN yang mengharuskan terhentinya aliran listrik kepada pelanggan.

"Adapun pekerjaan ini dilakukan dalam rangka penambahan peralatan jaringan akibat pertumbuhan penduduk dan industri yang meningkat setiap tahunnya," kata Furqan.

Ditambahnya jaringan ini untuk menjaga keandalan listrik lebih terjaga dan mencegah terjadinya kelebihan beban atau overload.

Selain itu, juga dilakukan untuk pemeliharaan preventif pembangkit, penggantian kabel konduktor (rekonduktoring) transmisi 150 KV, jaringan dan gardu yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

"Tujuan pemeliharaan ini adalah untuk menjaga keandalan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal," sebut Furqan.

Pekerjaan pemeliharaan selain teknis ada pula seperti pemangkasan pohon di dekat jaringan dan saat pembersihan gardu pun harus dilakukan pemadaman untuk keamanan pekerja.

"Informasi pemadaman karena pekerjaan pemeliharaan selalu dipublikasikan melalui media sosial, (Facebook dan Twitter), media cetak (Koran), media elektronik (radio) dan Website Bright," kata Furqan.

Kemudian, ada pemadaman tidak terencana yang mana terjadi gangguan diluar perencanaan.

"Hal ini bisa disebabkan akibat terganggunya suatu unit pembangkit, seperti gangguan pada sistem pelumasan, sistem pendingin, generator, boiler pemanas air menjadi uap. Jika terjadi gangguan seperti ini petugas juga tidak bisa langsung melakukan perbaikan pada mesin karena harus menunggu suhu mesin menjadi dingin terlebih dahulu, barulah dicari sumber kerusakan dan diperbaiki," jelas Furqan.

Furqan mengatakan, gangguan lain yang terjadi adalah faktor alam seperti terganggunya jaringan atau transmisi listrik Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV tersambar petir, terkena pohon roboh, tanah longsor, trafo meledak dan lain-lain.

"Bisa juga akibat terganggunya instalasi pelanggan karena hubung singkat, kerusakan alat-alat listrik yang dipakai atau beban lebih besar dari daya tersambung," pungkas Furqan.

Pemadaman yang tidak direncanakan seperti ini memang tidak diberitahukan sebelumnya, karena menurut Furqan bahkan PLN sendiri baru mengetahui pada saat terjadinya gangguan.

Selain itu, cukup sulit untuk memprediksi lama pemadaman karena petugas terlebih dahulu berusaha mencari kerusakan, memperhitungkan material yang diganti dan melakukan perbaikan.(TribunBatam.id/ardananasution)

Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved