VIRUS CORONA

Bandara Hang Nadim Batam Pasang Thermal Scanner di Area Kedatangan Domestik

Bandara Hang Nadim Batam memperketat pengawasannya di pintu kedatangan domestik dengan menempatkan alat thermal scanner, Senin (16/3/2020).

TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN HAMAPU
Pemeriksaan suhu tubuh penumpang dengan alat thermal scanner di Bandara Hang Nadim Batam, Senin (16/3/2020) 
BATAM, TRIBUNBATAM.id - Antisipasi penyebaran Covid-19 di Bandara Hang Nadim Batam, manajemen bandara memperketat pengawasannya di pintu kedatangan Bandara Hang Nadim.
Alat pengukur suhu badan (thermal scanner) ditempatkan di pintu kedatangan domestik. Direktur BUBU Hang Nadim Batam Suwarso mengatakan, pemasangan thermal scanner dilakukan pada Senin (16/3/2020) pagi.
"Pemasangan untuk di domestik baru dilakukan sedangkan untuk kedatangan internasional sudah dilakukan sejak lama," ujar Suwarso, Senin.
Pemasangan thermal scanner ini sebagai salah satu antisipasi dini penanganan Covid-19 yang saat ini sudah menjadi perhatian serius di berbagai daerah di Indonesia.
Pantauan Tribun Batam, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Hang Nadim melakukan pengecekan suhu badan para penumpang yang baru tiba.
Sedangkan untuk suasana di bandara, terlihat masih normal seperti biasanya. Begitupun dengan petugas, masih beraktivitas seperti biasa.
 
 

Seluruh Area Bandara Rutin Disemprot Disinfektant

Sejak kemarin, Senin (16/3/2020), Bandara Hang Nadim Batam mulai disemprot dengan cairan disinfektan.

Penyemprotan ini pun akan dilakukan rutin oleh pihak bandara.

"Akan rutin. Hampir seluruh area kami lakukan penyemprotan," kata Direktur BUBU Hang Nadim Batam, Suwarso, Selasa (17/3/2020)

Menurut Suwarso, penyemprotan ini tak berlaku untuk para penumpang yang akan berangkat meninggalkan Kota Batam ataupun penumpang yang baru tiba di Kota Batam.

Ia hanya menjawab singkat saat dikonfirmasi.

"Tidak (penyemprotan ke penumpang)," sambungnya.

Namun ia menegaskan, untuk para penumpang yang baru tiba di Kota Batam, pihaknya telah memasang alat pengukur suhu tubuh (thermal scanner) sebagai upaya pengawasan di terminal kedatangan domestik.

 UPDATE Pembangunan RS Khusus Corona di Batam, Pekerja Lembur, Puluhan Alat Berat Dikerahkan

Suwarso juga memastikan, pihaknya juga telah mempersiapkan kelengkapan keamanan (safety) seperti masker dan sarung tangan untuk setiap petugas di Bandara Hang Nadim Batam.

Termasuk untuk petugas Aviation Securtiy (Avsec) yang bersentuhan langsung dengan para penumpang.

"Ya (telah disiapkan)," jawabnya singkat saat ditanyakan perihal prosedur keselamatan dan kesehatan para petugas di bandara. (Tribunbatam.id/Alamudin Hamapu/ Ichwan Nurfadillah)

Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved