ADVERTORIAL

Tak Boleh Hanya Andalkan Air Hujan, BP Ingin Batam Integrated Total Water Management

Strategi tersebut ialah Batam integrated total water management. Dimana dengan adanya strategi ini Batam tidak lagi berpangku tangan dengan air hujan

ist
Kondisi air baku di waduk Duriangkang semakin surut dan memprihatinkan. ATB telah melakukan berbagai upaya efisiensi pengolahan air, guna meminimalisir minimnya cadangan air baku di Batam. 

TRIBUNBATAM.id - Dialog interaktif yang diadakan Batam FM dengan program “Hallo Batam” pada Senin (16/3), Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam Ir. Binsar Tambunan mengata- kan bahwa krisis air yang terjadi di Batam membutuhkan strategi manajemen pemeliharaan waduk.

Strategi tersebut ialah Batam integrated total water management. Dimana dengan adanya strategi ini Batam tidak lagi berpangku tangan dengan air hujan untuk mengisi volume air di waduk.

 Batam integrated total water management ini adalah usaha melakukan recycle air pada waste water treatment.

Dimana air tersebut tidak akan dibuang ke laut melainkan dikembalikan ke waduk.

Dengan adanya integrated total management, desalinasi akan dikembangkan ke daerah Batam sebelah barat dan Batam sebelah timur. 

Khusus untuk kegiatan industri akan disupply oleh recycle ataupun desalinasi.

Artinya akan ada piping yang diatur serta dipisahkan sehingga dapat terbagi sesuai dengan kebutuhan air di sektor yang berbeda-beda.

Ir. Binsar Tambunan mengatakan harapannya dengan adanya Integrated total water management menjadi sistem yang dapat menjadikan waduk-waduk yang ada di Batam tetap menjadi sumber air bagi masyarakat ke depan karena pembagian pipa dapat membuat volume air di waduk menjadi lebih terkontrol dan menghindari krisis air ke depannya sehingga air hujan tidak lagi menjadi tulang punggung.

Selama ini Badan Pengusahaan (BP) Batam mengaku sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi krisis air di wilayah Batam. 

Hingga saat ini, setidaknya sudah ada 5 upaya sudah dilakukan terkait penanganan krisis air. Apa saja? Berikut ini beberapa di antaranya:

Halaman
1234
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved