Tembak Mati 4 Anggota KKSB, Polri-TNI Sita Senjata Api hingga Panah

4 anggota Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) dilumpuhkan aparat gabungan Polri-TNI saat aksi baku tembak di Tembagapura, Papua.

Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono saat memberikan keterangan di Bareskrim Polri, Jumat (6/3/2020) 

Tembak Mati 4 Anggota KKSB, Polri-TNI Sita Senjata Api hingga Panah

TRIBUNBATAM.id- Sebanyak 4 anggota Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) dilumpuhkan aparat gabungan Polri-TNI saat aksi baku tembak di Tembagapura, Papua.

Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan keempat anggota KKSB tersebut tewas.

Adapun peristiwa baku tembak terjadi pada Sabtu dan Minggu (14-15 Maret 2020).

"Satgas kebetulan pada 14 Maret 2020 ada kontak tembak dengan KKSB di pos pantau Buyamin. Ada 4 anggota KKSB meninggal. ‎Anggota menemukan tiga buah busur panah, lima buah anak panah dan satu kampak," ujar Argo dalam keterangannya Senin (16/3/2020).

Lanjut pada Minggu (15/3/2020) juga terjadi baku tembak saat anggota melakukan patroli di Markas Bukit Sangker. ‎

Disana, anggota menemukan tiga pucuk senjata jenis AK. 

Oknum TNI Khianati Negara, Jual Senjata Rp 50 Juta dan Peluru Rp 100 Ribu Perbutir ke KKB Papua

"Senjata AR 15 diidentifikasi senjata rampasan oleh KKSB waktu menyerang Polsek Perime 22 November 2012.‎ Ada juga satu magazine dan 11 peluru. Senjata AK lainnya jenis AK 47 dirampas KKB dari pos Kulirik Puncak Jaya pada Januari 2014. Satu senjata yang disita, Thompson," tutur Argo.

Untuk diketahui, empat KKSB yang ditembak mati ‎ yakni Pentium Muda Waker (45), Moni Waker (30), Lani Magai (30) dan seorang perempuan bernama Lera Magai (28).

Terpisah ‎Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal menyatakan anggota akan terus melakukan penegakan hukum terhadap anggota KKSB yang meresahkan warga.

Diisolasi di RSUD Ulin Banjarmasin, Asisten Pelatih Barito Putera Diduga Positif Corona

"Pasca kejadian itu, situasi keamanan di Distrik Tembagapura aman dan kondusif. Kapolda mengapresiasi personel yang berhasil melumpuhkan dan mengamankan senjata api dari tangan KKSB," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tembak Mati Empat Anggota KKSB, Polri-TNI Sita Senpi hingga Panah, https://www.tribunnews.com/nasional/2020/03/16/tembak-mati-empat-anggota-kksb-polri-tni-sita-senpi-hingga-panah.
Penulis: Theresia Felisiani

Editor: Anne Maria
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved