PILWAKO BATAM

KPU Batam Cek Dukungan ASN di Berkas Syarat Rian Ernest-Yusiani

KPU Batam menemukan puluhan dukungan ASN dalam berkas syarat dukungan balon wali kota dan wawako Batam jalur independen.Tahapan verifikasi masih jalan

TRIBUNBATAM.ID/BERES LUMBANTOBING
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, William Seipattiratu 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Meski proses verifikasi administrasi syarat dukungan bakal calon wali kota Batam masih berlangsung, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam telah menemukan ada puluhan dukungan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam berkas syarat dukungan yang diperiksa KPU.

"Dalam syarat dukungan B1.1KWK dan B2KWK yang dikumpulkan bakal calon wali kota dan wakil walikota Batam jalur independen pasangan Rian-Yusiani, ada puluhan ASN baik TNI dan Polri serta perangkat desa," ujar Komisioner KPU Batam Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, William Seipattiratu saat ditemui di kantor KPU Batam, Jalan RE Martadinata, Tanjungpinggir, Sekupang, Batam, Rabu (18/3/2020).

Untuk jumlahnya secara detail, KPU belum menghitung totalnya.

"Tapi yang pasti ada puluhan, tahapan verifikasi kan masih berjalan dan berlangsung hingga 25 Maret mendatang," kata William.

Hal itu terdata setelah KPU melakukan tahapan pengecekan pencocokan berkas syarat dukungan B1.1KWK.







"Dukungan oleh ASN baik TNI/Polri dan perangkat desa kita temukan di status KTP. Namun apakah mereka masih aktif atau tidak, hal itu akan kita lanjutkan di tahapan verifikasi faktual nantinya," terang William.

KPU Batam Selesai Periksa Berkas Dukungan Rian Ernest dan Yusiani untuk Pilwako Batam

Gerindra Siapkan Kejutan Jelang Pilwako Batam, Soal Koalisi?

William menegaskan, berdasarkan aturan dalam PKPU nomor 1 tahun 2020, PKPU nomor 18 tahun 2019 dan PKPU nomor 15 tahun 2017 dan PKPU nomor 3 tahun 2017 serta SK KPU, ASN dilarang dukung-mendukung calon kepala daerah.

"Yang dilarang dukung mendukung itu, yakni ASN baik TNI dan Polri, serta perangkat desa dan tentunya anak dibawah umur," sebutnya.

Jika nantinya KPU menemukan masih aktif berstatus ASN sebagaimana dalam dukungan itu, maka akan dinyatakan gugur.

(Tribunbatam.id/bereslumbantobing)

Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved