Terpusat di Batam, Bea Cukai Permudah Barang Medis Masuk Batam, Khusus untuk Covid-19

Bea dan Cukai (BC) Batam mengklaim akan memberi kemudahan proses perizinan masuk dan pengiriman barang medis ke Kota Batam, Provinsi Kepri.

TRIBUNBATAM.id/Endra
Kepala KPU Bea dan Cukai Batam, Susila Brata. Pihaknya akan mempermudah proses perizinan obat-obatan dan barang medis masuk ke Kota Batam, Provinsi Kepri. Langkah ini dilakukan untuk penanganan dalam mencegah penyebaran virus Corona di Provinsi Kepri. 

BATAM,TRIBUNBATAM.id - Bea dan Cukai (BC) Batam mengklaim akan memberi kemudahan proses perizinan masuk dan pengiriman barang medis ke Kota Batam, Provinsi Kepri.

Ini dilakukan untuk antisipasi sekaligus langkah pencegahan penyebaran virus Corona tidak semakin meluas di Provinsi Kepri.

"Kami buat prosedur semakin mudah. Terutama untuk membantu penanggulangan Covid-19," ujar Kepala Kantor KPU BC Batam Susila Brata saat Plt Gubernur Kepri, Isdianto berkunjung ke Bea Cukai, Sabtu (21/3/2020).

Pihaknya sudah bertemu dengan asosiasi pengusaha bidang medis terkait kebijakan ini.

Menurutnya, kebijakan yang mereka berikan lebih kepada administrasi yang harus dipenuhi sebelum memasukkan barang.

"Kami melakukan terobosan dengan mempermudah prosedur. Kami lebih dulu memasukkan barangnya, baru kemudian administrasi. Itu proses khusus untuk obat penanggulangan virus," ungkapnya.

Ia mengatakan, barang kesehatan untuk penanganan virus Corona akan masuk melalui Batam, sebelum dikirim ke kabupaten lain di Kepri.

"Di Batam hub-nya. Kami permudah proses izinnya seperti ke Bintan, Karimun dan Natuna. Kalau ada kendala kami berikan kemudahan, termasuk untuk obatan-obatan dan APD (alat pelindung diri)," katanya.

Ia menambahkan kehadiran Plt Gubernur Kepri di kantor mereka, memberikan spirit baru bagi mereka. Sehingga kinerja pegawai BC lebih cepat dan punya semangat lebih tinggi, untuk bersama-sama dalam menanggulangi virus Corona.

Sementara itu Plt Gubernur Kepri, Isdianto mengharapkan, penanganan virus di Kepri, bisa lebih mudah dan cepat.

Halaman
1234
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved