VIRUS CORONA DI BATAM

CEGAH Covid-19, Untuk Sementara Salat Jumat di Batam Ditiadakan

Pemko Batam secara resmi menerbitkan imbauan untuk tidak menyelenggarakan salat Jumat sementara waktu guna mengantisipasi penyebaran virus Corona.

CEGAH Covid-19, Untuk Sementara Salat Jumat di Batam Ditiadakan
TRIBUNBATAM.id/Argianto Da Nugroho
Jumat (20/3/2020), Masjid Agung Batam Centre, Kota Batam masih menggelar salat Jumat namun durasi khotbah menjadi singkat sebelum keluarnya edaran salat Jumat ditiadakan sementara di masa wabah Corona 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kota (Pemko) Batam secara resmi menerbitkan imbauan untuk tidak menyelenggarakan salat Jumat sementara waktu guna mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Imbauan Pemko Batam ini dituangkan dalam surat edaran nomor 306/Kesra/Tahun 2020 tentang imbauan penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di masjid dan musholla.

Diterbitkan pada tanggal 24 Maret 2020, surat edaran sendiri ditandatangani langsung oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi.

Penerbitan imbauan ini juga menindaklanjuti Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Wabah Covid-19 dan surat Ketua MUI Batam Nomor 304/REK-MUI/BTM/III/2020 tanggal 22 Maret 2020 perihal rekomendasi.

Dalam surat tersebut terdapat 9 poin imbauan dan pesan khusus.

Berikut isinya :

1. Setiap orang wajib melakukan ikhtiar menjaga kesehatan dan menjauhi setiap hal yang dapat menyebabkan terpapar Covid-19,

2. Tidak menyelenggarakan salat Jumat sampai keadaan menjadi normal dan tidak melaksanakan aktivitas dengan melibatkan orang banyak yang diyakini dapat menjadi media penyebaran Covid-19, seperti pengajian umum, majelis taklim, dan lain-lain,

3. Sebaiknya melaksanakan salat berjamaah di rumah masing-masing,

4. Muadzin agar tetap mengumandangkan azan seperti biasa,

Halaman
12
Penulis: Ichwan Nur Fadillah
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved