HUMAN INTEREST

Cerita Heri, Pedagang Batagor di Batam, Omzet Turun Drastis Karena Corona & Bingung Cari Uang Kemana

Dampak ekonomi lesu karena wabah Corona juga dirasakan Heri, seorang pedagang batagor di Batam. Omzetnya menurun drastis akibat pembeli sepi

TRIBUNBATAM.id/FREEPIK.COM
Ilustrasi Virus Corona 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Merebaknya virus Corona (Covid-19) tampaknya memberikan imbas yang cukup besar terhadap sektor-sektor kehidupan manusia, khususnya ekonomi.

Heri (40), seorang pedagang Batagor ketika ditemui Tribunbatam.id di gerobak motornya tampak tidak bersemangat.

Perantau asal Medan itu mengaku, ini kali pertama baginya mengalami penurunan omzet hingga 75 persen. Dampak penyebaran virus Corona ikut membuat dagangannya sepi.

"Saya bingung, dagangan saya sepi karena banyak orang nggak keluar. Penghasilan saya menurun drastis, sementara anak saya 2 orang masih kecil-kecil," ujar Heri, Rabu (25/3/2020).

Heri dan keluarga kecilnya tinggal di sebuah rumah susun di daerah Sekupang. Heri merupakan tulang punggung bagi keluarganya. Sementara Heri memiliki seorang istri dan 2 anak yang harus ia hidupi.



"Anak pertama saya di kampung, kelas 6 SD. Lagi banyak-banyaknya biaya untuk sekolahnya. Sementara yang bungsu umur 6,5 tahun. Rencananya mau saya sekolahin di TK, tapi dengan kondisi yang sedang sepi seperti ini membuat saya bingung," ujarnya.

Gerobak jualan Heri berada di seberang SMA Negeri 1 Batam dan tepat berada di depan rumah susun Sekupang. Ketika anak sekolah diliburkan, dan banyak orang-orang yang melakukan pembatasan diri keluar rumah, dagangannyapun menjadi sepi pembeli.

"Biasanya saya tiap hari selalu habis dagangannya. Sekarang susah banget untuk habis. Saya mau keliling-keliling juga bingung mau kemana. Tempat rekreasi sudah tutup dimana-mana," ujar Heri.

Keadaan ekonomi yang sedang susah saat ini, menuntutnya harus memutar otak agar ia tetap mendapatkan keuntungan dari hasil dagangannya.

"Semoga kita semua segera bertemu jalan keluarnya. Tetap berusaha karena setiap harinya kita mempunyai kebutuhan yang harus kita penuhi," tutur Heri. 

(TRIBUNBATAM.id/rebekhaashari)

Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved