Tangkal Corona, Pemkab Lingga Hentikan Pelayaran Kapal Penumpang 2 Minggu

Pemkab Lingga menghentikan sementara pelayaran kapal penumpang dari dan ke Lingga untuk menangkal virus Corona masuk ke Lingga

Tangkal Corona, Pemkab Lingga Hentikan Pelayaran Kapal Penumpang 2 Minggu
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Sekretaris Daerah Kabupaten Lingga, Juramadi Esram 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Kabupaten Lingga berupaya mencegah penyebaran Covid-19 sedini mungkin. Hal ini ditunjukkan dengan kebijakan menghentikan sementara pelayaran di area Lingga dari kapal ferry reguler Batam dan Tanjungpinang.

Kebijakan ini diambil secara tegas oleh Bupati Lingga, Alias Wello, melalui putusan Rapat Koordinasi Lanjutan Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19, Selasa (24/3/2020). Selama 14 hari, seluruh pelayaran domestik dari Batam atau Tanjungpinang menuju Lingga, atau sebaliknya akan dihentikan mulai Sabtu, 28 Maret 2020.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lingga, Juramadi Esram menjelaskan, saat ini Kabupaten Lingga belum dilengkapi alat tes Covid-19 yang memadai. Thermal gun untuk mengecek suhu tubuh dianggap kurang tepat untuk menangkal masuknya wabah virus Corona ke dalam wilayah Lingga.

“Maka dari itu, pemerintah berupaya sejak dini, dengan kebijakan blocking area, sehingga warga masyarakat di Lingga bisa dimonitor kesehatannya,” ujar Juramadi.

Kebijakan blocking area ini tentu melibatkan berbagai pihak, seperti Kadishub, Kadinkes, hingga para Camat se-Kabupaten Lingga. Keterlibatan banyak pihak dalam perumusan kebijakan ini merupakan upaya untuk mencegah timbulnya gejolak dan kesalahpahaman.



Adapun kapal-kapal yang akan dihentikan pelayarannya adalah kapal ferry atau roro yang memuat penumpang. Sedangkan kapal barang tetap akan diizinkan berlabuh. Sebab muatannya menyangkut pada persoalan logistik masyarakat Lingga.

(TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved