BATAM KRISIS AIR BERSIH

Atasi Krisis Air, BP Batam Rencanakan Modifikasi Cuaca, Tapi Ini Kendalanya

BP Batam berencana mengadakan modifikasi cuaca untuk mengatasi krisis air di Batam. Tapi ada beberapa kendala yang dihadapi

Atasi Krisis Air, BP Batam Rencanakan Modifikasi Cuaca, Tapi Ini Kendalanya
TRIBUNBATAM.ID/HENING SEKAR UTAMI
Konferensi pers oleh Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam, Binsar Tambunan (dua dari kanan), Kamis (26/3/2020) di BP Batam. 
BATAM, TRIBUNBATAM.id - Potensi krisis air akibat menurunnya curah hujan, membuat pemerintah memutar otak dalam mengatasi debit air di waduk yang kian surut.

Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Binsar Tambunan mengungkapkan, salah satu rencana BP Batam adalah mengadakan modifikasi cuaca di wilayah Kota Batam, khususnya di waduk-waduk.
Menurut perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada April dan Mei 2020 seharusnya menjadi periode kedua musim penghujan. Tetapi, rencana modifikasi cuaca ini tetap harus melihat potensi keberadaan awan.

Sebab, hujan yang diharapkan tidak akan terjadi tanpa adanya titik-titik awan, yang saat ini jarang terlihat di langit Batam.
"Potensi awan yang ada di Kota Batam akan kita rekayasa sedemikian rupa, hingga menjadi hujan lebat di daerah-daerah tangkapan air, terutama di 6 waduk Kota Batam," ujar Binsar pada pers conference di Gedung Marketing Center BP Batam, Kamis (26/3/2020)..
Menurutnya, proyek modifikasi cuaca tersebut, tidak akan terealisasi tanpa keberadaan titik awan cumulonimbus. Prediksi BMKG, titik-titik awan tersebut kemungkinan akan muncul pada bulan April dan Mei 2020. 
Selain itu, keberadaan titik awan juga belum dapat dipastikan letaknya. Sebab bergantung pada arah angin. Apabila hujan buatan dari modifikasi cuaca ini terjadi bukan di daerah tangkapan air, maka upaya tersebut bisa dikatakan sia-sia.
(TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)
Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved