RS CORONA DI GALANG

Jadi Bahan Evaluasi, Ini Kata Danlanud Hang Nadim Batam Soal Simulasi Penanganan Pasien Covid-19

Danlanud Hang Nadim Batam, Urip Widodo mengatakan, simulasi itu akan dijadikan bahan evaluasi bagi tim yang akan menjemput pasien Covid-19.

Jadi Bahan Evaluasi, Ini Kata Danlanud Hang Nadim Batam Soal Simulasi Penanganan Pasien Covid-19
TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN HAMAPU
Mobil ambulans disiagakan untuk proses simulasi penanganan pasien Covid-19 yang akan dibawa ke Rumah Sakit Khusus Covid-19 di Pulau Galang, Batam, setelah tiba di Bandara Hang Nadim Batam, Kamis (26/3/2020). 
BATAM, TRIBUNBATAM.id - Simulasi penanganan pasien Covid-19 setibanya di Bandara Hang Nadim Batam, dan dibawa langsung ke Rumah Sakit Khusus Covid-19 di Pulau Galang, Batam, telah selesai dilakukan Kamis (26/3/2020).

Komandan Lanud Hang Nadim Batam, Urip Widodo mengatakan, dari hasil simulasi itu akan dijadikan bahan evaluasi pihaknya bersama tim kesehatan yang nantinya akan melakukan penjemputan.
"Evaluasi apa yang mesti diperbaiki dan apa yang harus dilakukan sehingga bisa melakukan quick respon," ujar Urip, Kamis.
Urip melanjutkan, dari hasil simulasi pengangkutan pasien Covid-19 dari pesawat, pihaknya bersama KKP Kelas I Batam dan otoritas kesehatan lainnya dapat menghitung sarana transportasi dan alat kesehatan yang digunakan untuk mengangkut pasien.
Komandan Lanud Hang Nadim Batam itu juga memberikan gambaran bila pesawat Hercules yang digunakan untuk mengangkut pasien Covid-19 merupakan pesawat yang telah dimodifikasi.
"Nantinya akan dibawa oleh pesawat Hercules yang sudah dimodifikasi menggunakan kontainer isolasi medis udara (KIMU)," ujar Urip.
Ia juga menjelaskan untuk membantu kelancaran pergeseran dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Rumah Sakit di Pulau Galang, juga harus didukung oleh transportasi darat yang memadai.
"Misal dalam pesawat ada 15 pasien, maka mobil ambulans yang disiapkan harus sesuai dengan Jumlah pasien. Apalagi jika ke semua pasien merupakan pasien rebah atau yang tidak dapat berjalan, tetapi jika pasien yang bisa berjalan bisa menyesuaikan menggunakan sedikit kendaraan," jelasnya.
Hal itu menurutnya agar tidak ada penumpukan pasien yang telah tiba di Bandara Hang Nadim Batam.
Urip melanjutkan, nantinya jika rumah sakit khusus penanganan Covid-19 sudah beroperasi, bisa dibuatkan seperti terminal tunggu untuk ambulans. Sehingga mobil ambulans selalu siap bila sewaktu-waktu ada pengantaran pasien.
Untuk tempat pemberhentian pesawat Hercules yang mengantarkan pasien, kemungkinan akan menggunakan apron cargo Bandara Hang Nadim.
(TRIBUN BATAM.ID/ALAMUDIN)
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved