VIRUS CORONA DI KARIMUN

Musyawarah Bersama, Salat Berjemaah di Masjid Agung Karimun Ditiadakan Sementara Akibat Covid-19

Ibadah salat berjemaah di Masjid Agung Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri ditiadakan untuk sementara waktu akibat wabah virus Corona.

TRIBUNBATAM.ID/ELHADIF PUTRA
Pelaksanaan salat sunah gerhana matahari di Masjid Agung Karimun, Kamis (26/12/2019). Pelaksanaansalat berjemaah untuk sementara waktu dihentikan. Keputusan ini merupakan hasil musyawarah untuk mencegah penyebaran virus Corona. 

KARIMUN,TRIBUNBATAM.id - Ibadah salat berjemaah di Masjid Agung Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri ditiadakan untuk sementara waktu.

Keputusan ini diambil untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Hal tersebut juga dituangkan dalam surat edaran dari pengurus Masjid Agung Kabupaten Karimun, Kamis (26/3/2020).

Kepala Bagian Humas dan Administrasi Umum DKM Masjid Agung Karimun, Iash Maulana mengatakan, tindakan itu diambil berdasarkan surat edaran dari Pemerintah Provinsi Kepri, Pemkab Karimun, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat hingga MUI daerah.

"Selain itu, keputusan ini berdasarkan hasil musyawarah pengurus masjid dalam hal ini DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Masjid Agung," kata pria yang akrab disapa Aan itu.

Aan menjelaskan, jemaah yang biasa melaksanakan ibadah di Masjid Agung cukup banyak. Mulai dari masyarakat Karimun ataupun pengunjung.

Maklumat Muhammadiyah Jika Virus Corona Belum Teratasi hingga Puasa: Salat Tarawih di Rumah

"Jadi keputusan diambil karena ketidakmampuan kami untuk mengetahui Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang datang beribadah," terangnya.

Aan menambahkan, adzan akan tetap dikumandangkan setiap masuk waktu salat fardhu.

Namun muazin akan mengganti lafaznya, jika biasanya pada lafaz Hayya 'Alassholah, maka diganti dengan Shollu Fii Buyutikum.

"Penggantian lafaz tersebut sebagaimana hadits Nabi yang di riwayatkan oleh Ibnu Abbas dalam Shalih Muslim nomor 901," tambahnya.

Halaman
1234
Penulis: Elhadif Putra
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved