TANJUNGPINANG TERKINI

Ini Imbauan Ketua DMI Tanjungpinang Tentang Pelaksanaan Salat Berjemaah di Masjid

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tanjungpinang, Syahrul menyerahkan keputusan pelaksanaan salat berjemaah di masjid kepada pengurus DKM.

Ini Imbauan Ketua DMI Tanjungpinang Tentang Pelaksanaan Salat Berjemaah di Masjid
TribunBatam.id/Endra Kaputra
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tanjungpinang, Syahrul. Wali kota Tanjungpinang ini menyerahkan keputusan pelaksanaan slaat berjemaah termasuk pelaksanaan salat Jumat kepada pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM). 

TANJUNGPINANG,TRIBUNBATAM.id - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tanjungpinang, Syahrul menyerahkan keputusan pelaksanaan salat berjemaah termasuk salat Jumat di masjid kepada pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di wilayahnya masing-masing.

Wali kota Tanjungpinang itu tetap meminta DKM tetap memperhatikan sejumlah langkah antisipasi dalam mencegah penyebaran virus Corona.

Dalam imbauan Dewan Masjid Indonesia Kota Tanjungpinang Nomor : 005/DMI-TPI/III/2020 Tentang Penyelenggaraan Ibadah di Masjid/Musholla dalam Situasi Pandemi Covid-19, Rabu (26/3/2020) kemarin, sejumlah langkah seperti membawa sajadah sendiri, tidak melakukan jabat tangan atau sentuhan fisik, namum cukup dengan mengucap salam.

Kemudian selalu mencuci tangan saat keluar-masuk masjid, (bila memungkinkan) mengukur suhu setiap jamaah yang masuk kedalam masjid tetap menjadi perhatian jemaah dan pengurus masjid.

Selain itu, penggunaan masker, mempersingkat khotbah dan bacaan salat serta dzikir dan doa sesudah salat menjadi imbauan lain yang disampaikan Syahrul.

Pengurus masjid yang tetap menyelenggarakan salat Jumat, diminta dapat menyediakan tempat cuci tangan, sabun dan/atau hand sanitizer serta masker bagi jemaah.

“Dengan ini saya juga berharap kearifan dan kebijaksanaan dari DKM terkait pelaksanaan salat Jumat tersebut. Jika melaksanakan, silahkan ikuti aturan-aturan yang sudah tertera pada imbauan tersebut. Bagi yang tidak mengikuti, aktivitas di masjid seperti azan dan tahrim tetap dibunyikan, tetapi pelaksanaan salat Jumat diganti menjadi salat Zuhur di rumah,” ungkap Syahrul, Jumat (27/3/2020).

Syahrul mengingatkan, kepada masyarakat agar mengikuti imbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk mengurangi aktivitas luar dan tetap bekerja di rumah.

“Tetaplah di rumah, jaga kesehatan dan kebugaran, laksanakan ibadah di rumah, dengan perbanyak ibadah di rumah mari kita semua berdoa kepada Allah SWT, agar virus ini segera berakhir dan kita semua tetap dalam perlindungan-Nya," ucapnya.

Salat Berjemaah di Karimun

Halaman
1234
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved