VIRUS CORONA DI BATAM

MINTA Rumah Makan dan Katering di Batam Tetap Buka, Amsakar Ingatkan Standar Kesehatan WHO

Amsakar Achmad membuat surat imbauan peraturan operasional rumah makan, restoran, katering dan usaha sejenis lainnya.

MINTA Rumah Makan dan Katering di Batam Tetap Buka, Amsakar Ingatkan Standar Kesehatan WHO
TRIBUNBATAM.ID/ DOK PEMKO BATAM
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad sedang diwawancarai awak media di Batam, Kamis (26/3/2020). 

MINTA Rumah Makan dan Katering di Batam Tetap Buka, Amsakar Ingatkan Standar Kesehatan WHO

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Mencegah pandemik Covid-19 di Kota Batam, Wakil Wali Kota Batam sekaligus Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Amsakar Achmad membuat surat imbauan peraturan operasional rumah makan, restoran, katering dan usaha sejenis lainnya.

Ada beberapa hal yang disampaikan dalam surat imbauan ini.

Pertama terkait potensi penyebaran Covid-19 yang sangat rentan dengan aktivitas usaha di bidang penyediaan makanan dan minuman seperti makanan dan minuman seperti restoran, rumah makan, katering dan usaha sejenis lainnya.

Maka diminta kewaspadaan dan antisipasi seluruh pelaku usaha dan karyawan di bidang jasa makanan dan minuman di Kota Batam untuk dapat tetap membuka usaha.

Namun dengan tetap menjaga kelayakan konsumsi (higienis) dengan mengutamakan pelayanan bawa pulang atau tidak makan ditempat.

"Mereka tak ada persoalan melakukan penjualan ini, tetapi memprioritaskan penjualan itu model pembelian saja. Nasi bungkus atau nasi kotak dan sebagainya," ujar Amsakar, Jumat (27/3/2020).

Kedua jika karena dengan pertimbangan tertentu tetap melayani makan di tempat, maka usaha penyedia makanan wajib melakukan protokol kesehatan (standar operasional) yang ketat guna mencegah terjadinya penyebaran covid-19.

"Restoran dan rumah makan wajib mengikuti protokol WHO yang sudah ada. Artinya tempat duduk harus dijaga. Pagi semprot disinfektan. Sore juga," katanya.

Selain itu juga pemeriksaan suhu tubuh pengunjung, menyediakan antiseptik pembersih tangan (hand sanitizer) dan menjaga jarak diri (physical distancing) antar pelayan dan pengunjung maupun jarak antar pengunjung dengan pengunjung.

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved