Puji Walikota Batam Lawan Covid-19, Rian Ernest Sarankan Dua Langkah Cegah Corona

Harus sudah bersiap dengan lonjakan pasien dalam keadaan gawat. Kita terus berdoa dan waspada agar hal tersebut jangan sampai terjadi

IST
Rian Ernest 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Rian Ernest memberikan apresiasi terhadap langkah-langkah Pak Wali Kota dan jajarannya dalam melawan bahaya Covid-19.

Bakal calon Wali Kota Batam jalur independen ini juga memberikan saran yang diharapkan bisa turut melindungi warga Batam dari marabahaya Covid-19.

“Ada hikmah dari peristiwa di Batam yang terjadi saat ini, karena kita bisa mengambil pelajaran dan praktek baik dari daerah-daerah lain yang pernah terkena sebelum ini," tutur Rian.

“Di dalam peperangan manapun, kita tidak bisa perang buta. Pemetaan peperangan menjadi syarat mutlak memenangkan perang. Di sinilah pentingnya dilakukan tes secara masif kepada masyarakat Batam," imbuhnya.

Menurutnya, Pemko Batam bisa mencontoh Korea Selatan dengan menyiapkan drive thru test, untuk meminimalisir biaya dan resiko penularan.

"Warga bisa dilakukan pengujian langsung tanpa harus keluar dari mobil. Di samping itu, tentu di fasilitas kesehatan juga disiapkan protokol yang aman bagi tenaga kesehatan dan pasien lainnya, agar pasien suspect Covid-19 tidak menularkan penyakit ini," sebutnya.

Akibat Covid-19, KPU Batam Tunda Penyerahan Berita Acara Verifikasi Rian Ernest dan 3 Agenda Lain

DKPP Bintan Bantu Semprot Disinfektan ke 5 Kecamatan Cegah Penyebaran Covid-19

Guru Besar IPB Sarankan Minum Jus Jeruk Plus Kulitnya untuk Cegah Covid-19

Masjid Raya Baiturrahman Sekupang Batam Ditutup Sementara, Antisipasi Penyebaran Covid-19

Pentingnya transparansi informasi terkait Covid-19, menurut Rian turut menjadi faktor kunci mencegah penyebaran.

“Selain dari aksi nyata yang taktis di atas, transparansi juga sangat penting. Buka informasi tempat dan acara yang sempat didatangi pasien positif agar warga lain bisa mawas diri dan segera melakukan isolasi bila pernah kena kontak," tegasnya.

Rian menyarankan dua langkah lain yang penting dan harus disiapkan.

“Pertama, membuat rencana penyiapan ICU darurat, karena kita hanya ada 18 RS yang diduga kuat tidak akan sanggup menghadapi membludaknya pasien bila keganasan wabah sudah mendera. Salah satu aspek dari ICU tersebut adalah tersedianya ventilator yang dapat membantu pasien gawat yang mengalami susah napas," katanya.

"Kita harus sudah bersiap dengan lonjakan pasien dalam keadaan gawat. Kita terus berdoa dan waspada agar hal tersebut jangan sampai terjadi," jelasnya.

Kemudian, menjaga harmoni sosial. Rian meminta adanya bantuan langsung tunai kepada warga yang bekerja di sektor informal dan terkena dampak.

“Untuk hal di atas bisa dilakukan dengan jalan realokasi anggaran, menggeser dana untuk pelatihan, makan minum honor narasumber di dalam APBD, serta proyek-proyek pembangunan yang tidak mendesak," ujarnya.

Mendagri telah menerbitkan Permen Nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Pemda yang mengatur agar pengeluaran dilakukan melalui biaya tidak terduga untuk pengeluaran yang belum tersedia anggarannya. Ini dapat menjadi solusi untuk gerak cepat," sebutnya.

Dengan banyaknya pabrik di Batam, kata Rian Wali Kota bisa lakukan pendekatan kepada produsen di pabrik agar memproduksi yang lebih masif atau melakukan alih produksi untuk produk hand sanitizer, alat pelindung diri dan membagikannya kepada tenaga kesehatan di garis depan.

"Dan juga membuat ventilator untuk ICU yang sangat dibutuhkan bila nantinya pasien kritis membludak. Kita hanya bisa melawan Covid-19 dengan bergerak bersama-sama dari unsur pemerintah daerah bersama dengan dunia usaha dan masyarakat” tutup Rian.

 Akibat Covid-19, KPU Batam Tunda Penyerahan Berita Acara Verifikasi Rian Ernest dan 3 Agenda Lain

Halaman
12
Penulis:
Editor: Zabur Anjasfianto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved