VIRUS CORONA DI TANJUNGPINANG

12 Hari di Malaysia, Pasien Positif Corona 02 Tanjungpinang Sempat Menghilang Saat Akan Diisolasi

Pasien positif corona kedua di Tanjungpinang sempat melakukan perjalanan ke Malaysia selama 12 hari dan sempat menghilang saat akan diisolasi.

TRIBUNBATAM/ENDRA
Kadis Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam 

12 Hari di Malaysia, Pasien Positif Corona 02 Tanjungpinang Sempat Menghilang Saat Akan Diisolasi  

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang Rustam menjelaskan terkait pasien kedua yang terkonfirmasi positif virus corona.

Ia mengatakan, pasien tersebut saat ini sedang dalam perawatan di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang.

"Pasien tersebut kita ketahui positif pada Jumat (26/3/2020) pukul 13.30 WIB," katanya, Sabtu (28/3/2020).

Dilanjutkannya, pasien tersebut seorang laki-laki berusia 56 tahun.

UPDATE Terbaru Pasien Covid-19 di Kepri, Sabtu (28/3), Pasien Positif Tanjungpinang Tambah Satu

Tanggal 1 Maret 2020, pasien bersama rombongan 10 orang berangkat menuju Sri Petaling dan Batu pahat Malaysia melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang dalam rangka mengikuti suatu kegiatan.

"Rombongan kembali ke Tanjungpinang melalui Pelabuhan SBP pada 13 Maret 2020, dan langsung menuju salah satu tempat, dan menginap di sana selama 1 hari, kemudian melanjutkan ke tempat lain selama 3 hari, setelah itu kembali lagi ke tempat awal pada tanggal 17 Maret 2020," ujarnya.

Dan Selasa (17/3/2020), pasien mengeluh demam, batuk, pilek, nyeri otot, dan badan terasa sakit serta mengalami mimisan.

"Keesokan harinya, pasien sempat berobat ke dokter Praktik Mandiri, setelah itu pulang dan istirahat, namun kesehatannya tidak mengalami perbaikan. Pasien mengalami penurunan kesehatan, dan akan dirujuk ke RSUD RAT namun yang bersangkutan mangkir dan tidak dapat dilacak sehingga gagal dibawa ke RSUD RAT pada hari itu," jelasnya.

Untungnya, Kamis (19/3/2020) pukul 21.00 WIB malam, pasien dapat dilacak dan dirujuk ke RSUD RAT oleh tim dari Dinas Kesehatan, PP dan KB Kota Tanjungpinang.

"Selanjutnya, Jumat 20 Maret 2020 dilakukan pengambilan swab dan darah untuk pemeriksaan Covid-19 oleh Tim BTKL Batam, dan petugas Dinas Kesehatan PP dan KB Tanjungpinang di RSUD RAT," sebutnya.

"Jumat (27/03/2020) diterima hasil pemeriksaan sampel swab pasien tersebut dari Balitbangkes RI melalui BTKL PP dengan kesimpulan terkonfirmasi hasil positif," tambahnya.

Sementara itu, kontak tracing terhadap semua orang yang ditengarai telah kontak dengan pasien telah dilakukan, termasuk seluruh keluarga, dan sebagian telah dilakukan pemeriksaan sampel. (Tribunbatam.id/Endra Kaputra)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved