BATAM TERKINI

Lagi Wabah Corona, Sampah Malah Berserakan Jalan Samping Area SMAN 1 Batam

Meluasnya wabah Covid-19 membuat masyarakat dunia kian memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan.

TRIBUNBATAM/HENING
Sampah berserakan di jalan samping area SMAN 1 Batam, Minggu (29/3/2020) 

TRIBUNBATAM,id, BATAM - Meluasnya wabah Covid-19 membuat masyarakat dunia kian memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan.

Terbukti, komoditas seperti hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan sabun pel kerap laku di pasaran.

Beberapa sudut kota, seperti mall, kantor, dan sekolah-sekolah juga mulai dibersihkan dengan cairan disinfektan.

Sementara pemerintah kota giat menyerukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), namun tampaknya ada sudut kota yang luput untuk diperhatikan kebersihannya, baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

Berlokasi di jalan samping area SMAN 1, Sekupang, Batam, tampak pemandangan lautan sampah yang menggunung di tengah-tengah jalan.

Sampah-sampah ini kebanyakan tergolong dalam sampah plastik dan rumah tangga, seperti bekas karung beras, bungkus minyak goreng, bahkan sepatu dan sandal.

Pantauan TRIBUNBATAM.id, Minggu (29/3/2020), belum sampai lima menit, sudah ada setidaknya dua orang yang datang membuang sampah di lokasi.

Seorang ibu-ibu, dengan menaiki motor bebek, bahkan tidak perlu memperlambat laju sepeda motornya, dan melempar bungkusan plastik sampah ke tengah jalan begitu saja.

Sampah-sampah itu berserakan hampir menutupi seluruh bahu jalan, sehingga pengguna motor dan pesepeda harus menepi untuk melewati jalan tersebut.

Akibat banyaknya sampah, sebagian besar bahu jalan yang tertutup itu tidak memungkinkan sebagai jalur lewat mobil.

Ditemui di lokasi, seorang pria tengah memeriksa tumpukan sampah, dan menemukan beberapa barang yang masih layak pakai, seperti sepatu pantofel.

Dirinya juga mengaku tidak mengetahui dari mana sampah-sampah tersebut berasal, dan kapan petugas kebersihan akan datang mengambilnya.(TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved