VIRUS CORONA DI BATAM

ATURAN BARU! WNI dari Luar Negeri Tiba di Batam Wajib Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Pelabuhan

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengubah prosedur pemeriksaan WNI yang baru datang dari luar negeri khususnya para TKI.

TribunBatam.id/Istimewa
Sejumlah penumpang dari luar negeri, khususnya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Singapura dan Malaysia menjalani pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji, Batam Centre, Kota Batam, Provinsi Kepri. Kini pola pemeriksaan berubah yakni pemeriksaan dipusatkan di pelabuhan. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengubah prosedur pemeriksaan WNI yang baru datang dari luar negeri khususnya para tenaga kerja Indonesia (TKI).

Para penumpang yang tiba dari Malaysia dan Singapura tak lagi dikumpulkan di Asrama Haji, Batam Centre tapi langsung menjalani pemeriksaan kesehatan secara intensif di Pelabuhan bersangkutan. 

Aturan ini berbeda dibandingkan Sabtu (28/3/2020) lalu dimana mereka yang tiba di pelabuhan internasional dikumpulkan dulu di Asrama Haji untuk didata dan di cek kesehatannya.

"Untuk hari ini polanya tidak lagi didata di Asrama Haji, tapi langsung didata di pelabuhan," ujar Kepala Dinas Kominfo Kota Batam sebagai juru bicara di Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Hazril, Minggu (29/3/2020).

Penumpang tersebut, menurutnya akan dicek oleh petugas KKP pada setiap Pelabuhan di Kota Batam.

Sejumlah lokasi seperti rumah susun (rusun) dan Asrama Haji menurutnya sudah dipersiapkan bila terdapat penumpang yang harus dikarantina oleh KKP.

"Namun jika ada yang dipulangkan, mereka diarahkan untuk melakukan karantina mandiri, namun tetap dalam pengawasan," tuturnya.

Diakuinya, khusus TKI yang dipulangkan dari Malaysia sebagian besar tidak melalui pintu masuk Batam. Tapi juga melalui pintu masuk Karimun dan Tanjungpinang. Koordinasi pemulangannya oleh BP3TKI Provinsi Kepri

"Yang lewat Batam ini adalah WNI yang sebelumnya berkunjung ke Singapura dan Malaysia ada beberapa juga yg bekerja di sana tapi bukan bagian dari TKI yg memang dipulangkan oleh Pemerintah 2 negara tersebut," tegasnya.

Sejumlah penumpang ataupun Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tiba di Batam dari Singapura dan Malaysia sebelumnya, dibawa ke Asrama Haji untuk dilakukan pendataan mulai dari awal hingga akhir kedatangan atau keberangkatan feri.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved