TRIBUN WIKI

Pemerintah Indonesia Tetapkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat, Simak Penjelasannya Berikut

Covid-19 telah ditetapkan sebagai jenis penyakit dengan faktor risiko yang menimbulkan kedarutan masyarakat.

kompas.com
Presiden Jokowi 

TRIBUNBATAM.id - Covid-19 telah ditetapkan sebagai jenis penyakit dengan faktor risiko yang menimbulkan kedarutan masyarakat.

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat.

Kedaruratan Kesehatan Masyarakat adalah kejadian kesehatan masyarakat yang bersifat luar biasa dengan ditandai penyebaran penyakit menular dan/atau kejadian yang disebabkan oleh radiasi nuklir, pencemaran biologi, kontaminasi kimia, bioterorisme dan pangan yang menimbulkan bahaya kesehatan dan berpotensi menyebar lintas wilayah atau lintas negara.

Melansir Tribunnews Wiki, hal yang mengatur tentang kedaruratan kesehatan masyarakat, diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018, Tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Istilah

Dari Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, istilah kedaruratan kesehatan masyarakat diatur pada Pasal 1 ayat 2 :

"Kedaruratan Kesehatan Masyarakat adalah kejadian kesehatan masyarakat yang bersifat luar biasa dengan ditandai penyebaran penyakit menular dan/atau kejadian yang disebabkan oleh radiasi nuklir, pencemaran biologi, kontaminasi kimia, bioterorisme, dan pangan yang menimbulkan bahaya kesehatan dan berpotensi menyebar lintas wilayah atau lintas negara."

Pasal

BAB IV
KEDARURATAN KESEHATAN MASYARAKAT

Pasal 10

Halaman
123
Penulis: Widi Wahyuning Tyas
Editor: Tri Indaryani
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved