VIRUS CORONA DI BATAM

Edaran Kemenkumham, 26 Anak Binaan LPKA Kelas II Batam Dapat Asimilasi, 21 Orang Dinyatakan Bebas

Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Kota Batam memberikan asimilasi dan hak integrasi terhadap 26 anak binaan.

TribunBatam.id/Istimewa
Perwakilan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Batam bersama sejumlah instansi saat pengeluaran dan pembebasan narapidana dan anak melalui asimilasi dan integrasi dalam rangka pencegahan wabah virus Corona, Kamis (2/4/2020). Sebanyak 26 anak binaan diberi asimilasi dan hak integrasi. 21 di antaranya dibebaskan. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Kota Batam memberikan asimilasi dan hak integrasi terhadap 26 anak binaan.

Dari total keseluruhan, sebanyak 21 orang anak di antaranya telah dibebaskan. Ini dilakukan terkait pencegahan penyebaran virus Corona.

"Itu (15 orang) yang sudah selesai administrasinya hari ini. Kami akan berusaha menyelesaikan seluruh prosesnya Jumat (3/4/2020) besok," ucap Kepala LPKA Batam, Novriadi kepada TribunBatam.id, Kamis (2/4/2020).

Pemberian asimilasi dan hak integrasi sendiri menurut Novriadi berdasarkan Keputusan Menteri Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020.

"Sekitar 30.000 ribu orang yang akan keluar sampai tanggal 7 April 2020 nanti. Kemarin sudah 6 orang, jadi totalnya dari LPKA Kelas II Batam sudah ada 21 orang," ucapnya.

Pihaknya juga masih menghubungi beberapa pihak keluarga anak binaan agar nantinya proses penjemputan dapat dilakukan maksimal sembari memberi tahu aturan-aturan selama menjalani asimilasi.

Novriadi juga berharap, anak-anak binaannya dapat menjaga ketertiban dan keamanan selama menjalankan asimilasi di rumah.

"Tidak melakukan tindak pidana, ataupun hal-hal yang bertentangan dengan hukum," tambahnya.

Pencegahan wabah Corona sendiri menurutnya sangat wajar dilakukan. Apalagi kapasitas di lembaga kemasyarakatan (lapas) ataupun rumah tahanan (rutan) mulai tak cukup (over capacity).

Ia menegaskan, pemberian asimilasi terhadap anak binaan juga tak terlepas dari penjagaan dan pengawasan pihaknya.

Halaman
1234
Penulis: Ichwan Nur Fadillah
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved