VIDEO - Foto Pocong yang Viral hingga di Korea Selatan, Ternyata Begini Fakta Sebenarnya

Foto penampakan dua pocong yang sedang duduk untuk menjaga kampung tengah viral di Media Sosial maupun Media Mainstream

TRIBUNBATAM.id - Foto penampakan dua pocong yang sedang duduk untuk menjaga kampung tengah viral di Media Sosial maupun Media Mainstream.

Foto tersebut sempat dibuat sejumlah media mainstream yang menjelaskan jika foto tersebut ada di Purworejo, Jawa Tengah.

Dari pemberitaan itu, foto tersebut viral hingga didunia internasional, dengan diberitakannya di media Korea.

Dari penulusuran TribunSolo.com, foto itu ternyata diambil di Dusun Kesongo RT: 02 / RW: 01, Desa Kepuh, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Menurut tokoh pemuda Jakusa, Anjar Panca foto tersebut diambil pada tahun 2019 silam.

"Itu foto diambil pada 2019 silam, saat itu pemuda sini habis menghadiri acara tirakatan malam satu suro salah satu perguruan silat," katanya kepada TribunSolo.com, Kamis (2/4/2020).

Dia menceritakan, saat itu hanya aksi iseng-iseng para pemuda di Kampungnya.

"Saat itu sedang nongkrong, karena kami ada sabuk warna putih, lalu ada kain putih juga, ya udah kami berdandan seolah-olah jadi pocong, lalu difoto," terangnya.

Seiring pandemi Covid-19 yang mewabah, membuat sejumlah wilayah berbondong membuat kegiatan isolasi lokal dengan memberi portal di jalan kampung.

Foto tersebut kemudian diunggah lagi oleh salah satu pemuda Jakusa di grup whatsapp dengan diberi tagar portal anti mainstream.

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved