Banyak Karyawan Dirumahkan, Anggota DPRD Kepri Wahyu Wahyudin Minta Disnaker Cari Jalan Tengah

Anggota DPRD Kepri Wahyu Wahyudin meminta Disnaker segera mencari jalan tengah terkait banyaknya karyawan dirumahkan, dampak Covid-19

ist
Anggota DPRD Provinsi Kepri komisi IV, Partai PKS Wahyu Wahyudin. Amd 

TRIBUNBATAM.id, BATAM – Dampak virus Corona atau Covid-19 telah memukul beberapa industri serta perekonomian dunia, tidak terkecuali di Kepulauan Riau (Kepri). Ekonomi Kepri menjadi tidak stabil.

Beberapa hotel dan juga industri lainnya telah memutuskan untuk menghentikan sementara operasional dan merumahkan karyawan. Perihal ini membuat prihatin Anggota DPRD Provinsi Kepri Komisi IV, Wahyu Wahyudin.

Dia sangat menyayangkan banyaknya karyawan yang dirumahkan dampak efek sosial Covid-19.
Karena itu, Wahyu meminta Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) turun tangan mencari solusi dari problem ini.

"Efek sosial dari Covid-19 ini tentu merugikan beragam pihak diantaranya adalah pengusaha. Pendapatan rata-rata pengusaha menurun drastis utamanya perhotelan. Sebagian karyawan terpaksa dirumahkan ini terjadi di hampir seluruh kabupaten dan kota di Kepri," kata Wahyu.

Menurutnya hal ini penting untuk dibahas agar tidak ada pihak yang dirugikan.

"Bagaimana nasib karyawan yang dirumahkan apakah digaji atau tidak, jika digaji alhamdulillah tapi jika tidak bagaimana. Tentu pemerintah harus mau tahu terkait hal ini karena mereka adalah bagian penggerak ekonomi juga," sambung Wahyu.

Menurutnya, Disnaker perlu bertindak cepat untuk mengatasi persoalan ini.

"Kita minta Disnaker cepatlah menuntaskan persoalan ini dengan menggandeng asosiasi pengusaha atau buruh. Semoga ada jalan tengahnya," ujar politisi PKS Kepri ini.

Menurutnya, tidak mudah merumahkan karyawan atau pekerja atas dasar yang belum pasti dan berpotensi pelanggaran. Yang harus dilakukan, sambungnya, adalah meningkatkan kewaspadaan.

“Ini kepanikan-kepanikan yang berlebihan yang saya kira perlu kita atasi bersama. Kita tidak perlu panik tapi waspada iya. Waspada perlu ditingkatkan,” ujarnya. (*)

Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved