VIRUS CORONA DI BATAM

Negara Jiran Lockdown Akibat Covid-19, Transaksi di Money Changer Batam Makin Sepi

Wabah covid-19 telah berdampak pada berkurangnya transaksi penukaran mata uang asing khususnya di Kota Batam.

TRIBUNBATAM.id/REBEKHA ASHARI
Money changer di Batam semakin sepi sejak adanya wabah corona yang mengakibatkan Malaysia lockdown dan Singapura membatasi akses masuk negaranya 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Merebaknya virus Corona (Covid-19) tampaknya memberikan dampak yang cukup besar terhadap sektor-sektor kehidupan manusia, khususnya ekonomi dan perdagangan. Jumat (3/4/2020)

Dalam upaya pencegahan penyebaran rantai virus Corona, akses transportasi dari dan ke luar negeri telah dikurangi. Pelabuhan Domestik dan Internasional di Kota Batam telah mengurangi rute pelayaran.

Fenomena tersebut ternyata berdampak pada berkurangnya transaksi penukaran mata uang asing khususnya di Kota Batam.

Mengingat kondisi geografis Kota Batam yang sangat dekat dengan Singapura dan Malaysia sehingga jumlah money changer di Kota Batam terbilang cukup banyak.

Money changer selaku perantara yang menyediakan jasa penukaran mata uang asing tentunya merasakan langsung dampak dari hantaman virus Corna yang menyerang sektor perekonomian masyarakat.

Pantauan TRIBUNBATAM.id sejumlah money changer yang ada di Kota Batam tampak sepi dan tampak tidak adanya kegiatan transaksi penukaran mata uang asing.

Saat ditemui TRIBUNBATAM.id salah satu pegawai money changer yang berada di salah satu Mall di Batam mengatakan bahwa transaksi jual-beli mata uang mengalami penurunan sejak merebaknya pandemi Covid-19.

"Memang berkurang jauh dari seperti biasanya. Tapi masih ada transaksi juga walaupun tidak banyak," ujarnya.

Ia mengaku, saat ini masih ada yang jual dolar Singapura dan juga ringgit Malaysia meski tidak ramai seperti sebelum corona.

"Lumayan terasa juga penurunannya. Tapi kita tidak mungkin tutup kan. Soalnya setiap hari masih ada yang datang untuk transaksi, sayang kalau tutup," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved