VIRUS CORONA DI BATAM

Didominasi Penumpang Asal Malaysia, Pelabuhan Internasional di Batam Tetap Beroperasi Meski Covid-19

Data KSOP Batam mencatat, ada 5.455 penumpang Malaysia dan 583 penumpang Singapura masuk ke sejumlah pelabuhan di Batam selama sepekan terakhir.

TRIBUNBATAM.ID/ROMA ULY SIANTURI
Sejumlah penumpang yang baru tiba dari Malaysia di Pelabuhan Internasional Batam Center menggunakan masker, Kamis (30/1/2020). Sejumlah pelabuhan internasional di Batam masih beroperasi normal di saat wabah virus Corona. 

TRIBUNBATAM.id,BATAM - Aktivitas di pelabuhan Internasional di Kota Batam, Provinsi Kepri, masih beroperasi normal, di saat wabah virus Corona.

Dari data yang dihimpun dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Batam tercatat, ada sebanyak 6.034 penumpang yang terdiri dari 583 penumpang Singapura dan 5.455 Malaysia selama sepekan terakhir.

Humas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Batam, Anina mengatakan, seluruh pelabuhan yang ada di kota Batam masih beroperasi normal seperti biasanya.

"Masih beroperasi normal seperti biasa, hanya saja ada pengurangan trip pelayaran kapal karena minimnya penumpang," ujar Anina, Minggu (5/4/2020).

Jika dibandingkan dari jumlah penumpang dari dua negara itu, penumpang dari Malaysia menurutnya lebih dominan jika dibanding dari Singapura.


"Dari data yang kami terima, hingga dua hari terakhir, Jumat (03/04/2020) ada sebanyak 905 penumpang yang masuk keluar Batam melalui pelabuhan Internasional Batam Center, Haorbour Bay, Marina dan Nongsa serta Internasional Sekupang," ungkapnya.

Bahkan jika dibanding dengan hari sebelumnya, Kamis (2/4/2020) jumlah penumpang feri internasional tercatat sebanyak 803 orang penumpang.

Rincian data tersebut, kata Anina, merupakan rangkuman jumlah kapal yang berlayar yang diterima pihaknya dari semua pos pelabuhan.

"Itu data akumulasi, sudah termasuk jumlah WNI dan WNA yang masuk dan keluar Batam," terang Anina.

Adapun Warga Negara Indonesia yang masuk ke Batam itu, kata dia merupakan dominan warga kita yang bekerja di Malaysia.

Halaman
123
Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved