BATAM TERKINI

Dapat Asimilasi di Rumah, Karutan Batam Ingatkan Warga Binaannya, 'Jangan Ulang Kesalahan Lagi Ya'

Karutan Batam, Yan Patmos Purba mengingatkan warga binaannya yang mendapat asimilasi di rumah agar menjaga nama baik Rutan. Jangan berkeluyuran

TRIBUNBATAM.ID/IAN SITANGGANG
Karutan Batam Yan Patmos Purba. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II A Barelang Batam, Yan Patmos Purba mengingatkan warga binaan yang mendapat asimilasi di rumah, agar tidak berkeluyuran di luar rumah. Hal ini untuk ikut membantu program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran wabah virus Corona di Indonesia, khususnya Batam.

"Kita patut bersyukur, dan berterima kasih kepada Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, Menteri Hukum dan HAM, serta Dirjen Pas yang memberikan kesempatan kepada warga binaan yang sudah menjalani setengah dan tiga perempat masa tahanan, bisa menjalani asimilasi di rumah," kata Yan Patmos, Senin (6/4/2020).

Kebijakan tersebut dibuat oleh pemerintah mengingat saat ini hampir semua Rutan dan Lapas kelebihan kapasitas.

"Saat ini Indonesia sedang berjuang menghadapi wabah virus Corona. Jadi warga binaan yang sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan Permenkumham nomor 10 tahun 2020 bisa menjalani asimilasi di rumah," kata Yan.

Dia juga mengingatkan warga binaan yang mendapatkan asimilasi di rumah agar tetap menjaga nama baik Rutan yang memberikan pembinaan selama ini.

 

"Jangan mengulangi kesalahan, nanti kalau tertangkap maka hukumannya akan semakin berat," kata Yan.

Dia mengatakan kebijakan dari pemerintah ini harus disyukuri karena pemberian asimilasi tersebut tanpa dipungut biaya apapun.

"Jadi mari kita sama-sama menjaga dan menghargai apa yang diberikan pada kita," kata Yan.

"Semua warga binaan mendapatkan hak yang sama dan semua warga binaan sama di mata hukum. Kita tidak beda-bedakan. Kita memberikan apa yang menjadi hak-hak mereka," sambungnya.

Di tempat yang sama, Ardy Rafael, warga binaan yang mendapat asimilasi di rumah mengatakan sangat bersyukur dengan adanya kebijakan dari pemerintah ini.

Halaman
12
Penulis: Ian Pertanian
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved