KISAH INSPIRATIF

Kisah Pedagang Warung Nasi 'Roda Kehidupan' di Batam, Berjuang Mencari Rupiah Saat Wabah Corona

Lima tahun sudah Sudirman membuka usaha warung nasi Roda Kehidupan miliknya. Sebuah mobil, ia sulap menjadi kedai makan dengan lauk bervariasi.

TribunBatam.id/Hening Sekar Utami
Warung nasi padang Roda Kehidupan milik Sudirman di Jalan Engku Putri Utara, Batam Centre, Kota Batam, Provinsi Kepri, Senin (6/4/2020). Ia terus berjuang menekuni usahanya meski kondisi wabah virus Corona berdampak pada usahanya miliknya. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Suasana di tepi Jalan Engku Putri Utara, Batam Centre, Kota Batam, Provinsi Kepri, Senin (6/4/2020) siang begitu lengang, bahkan terlampau sepi bagi Sudirman yang terbiasa menjajakan nasi padangnya.

Meski sepi, ia tetap setia menunggu pelanggan, di dalam mobil bekas yang disulapnya menjadi warung nasi padang.

Mobil bekas milik Sudirman menjadi spot yang tergolong unik di pinggir jalan itu. Dipenuhi dengan bekas tambalan dan dilengkapi fasilitas tempat duduk seadanya, Sudirman meraup Rupiah sehari-hari dari menjual nasi di mobil miliknya.

Sesuai dengan bentuk warungnya, nama yang tertera di spanduk mobil Sudirman bertuliskan 'Masakan Padang Roda Kehidupan'.

Memang demikian bagi Sudirman. Mobil yang sehari-hari beralih fungsi menjadi warung makan ini menjadi tempatnya mencari uang guna menyambung hidup dirinya dan keluarga.

Sudah 5 tahun lamanya ia berjualan nasi padang di pinggir jalan itu, kenangnya. Sebelumnya, ia menjajakan nasi padang di sebuah ruko di kawasan Kintamani.

Warung nasi padangnya kala itu cukup ramai. Ia mampu meraup untung yang tidak sedikit, sehingga mampu menyewa ruko seharga 50 juta per tahun dan beberapa karyawan.

Genap 8 tahun ia lewati sejak 2005 sebagai penjual nasi padang yang lumayan sukses. Namun apa mau di kata, nasib berbicara lain, tepat 2014 lalu, usaha masakan padangnya nyaris gulung tikar.

"Perekonomian kacau balau waktu itu, nggak sanggup lagi bayar karyawan dan sewa ruko. Apa-apa mahal," ujarnya.

Sempat putus asa, Sudirman berusaha memulai kembali usahanya dari awal. Meski tak lagi memiliki uang untuk menyewa tempat, dirinya mengaku mendapatkan cukup bantuan dari kerabat dan kawan setia.

Halaman
123
Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved