TRIBUN WIKI

Profil Muhammad Hatta Ali, Mantan Ketua MA

Muhammad Hatta Ali merupakan ketua Mahkamah Agung (MA) yang akan segera pensiun dan digantikan oleh Muhammad Syarifuddin

Tribunnews
Muhammad Hatta Ali 

TRIBUNBATAM.id - Mahkamah Agung telah melaksanakan pemilihan ketua MA yang baru untuk menggantikan Muhammad Hatta Ali yang akan segera pensiun. 

Muhammad Hatta Ali merupakan ketua Mahkamah Agung (MA) yang menjabat selama dua periode, yakni pada 2012-2017 dan terpilih kembali untuk masa jabatan 2017-2022.

Hanya saja di periode kedua ini, Hatta Ali justru memasuki masa pensiun di tahun ketiganya menjabat, yakni pada 7 April 2020 lantaran dia telah berusia 67 tahun.

Melansir Tribunnews Wiki, Hatta Ali lahir di Pare-pare Sulawesi Selatan pada 7 April 1950.

Anak bungsu dari 10 bersaudara ini sempat menempuh pendidikannya di SMA Katolik Makassar dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

Di Unhas, Hatta Ali hanya berkuliah selama satu tahun dan kemudian meneruskan kuliahnya di Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya.

Untuk gelar doktornya, Hatta Ali mendapatkannya dari Universitas Padjajaran, Bandung.

Selain itu, Hatta Ali juga mengikuti sejumlah pelatihan, seperti pelatihan petugas pemeriksa inspektorat, penataran petugas pemeriksa lingkungan Irjen Depkeh-LAN, penataran tenaga teknis pengawasan, bimbingan teknis penyuluhan Hukum, BPHN, Depkeh, hingga mengikuti Penataran Hakim, Departemen Kehakiman.

Karier

Hatta Ali mengawali kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Halaman
1234
Penulis: Widi Wahyuning Tyas
Editor: Eko Setiawan
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved