VIRUS CORONA DI BATAM

Hanya Bertahan 3 Hari ke Depan, RSBP Batam Kekurangan APD untuk Menangani Pasien Covid-19

RSBP Batam masih butuh banyak Alat Pelindung Diri dalam menangani pasien Covid-19. Stok yang ada saat ini diprediksi hanya cukup untuk 3 hari

TRIBUNBATAM.ID/BERES LUMBANTOBING
Customer care RSBP Batam mengecek suhu tubuh pengunjung menggunakan alat thermal scanner, Rabu (11/3/2020). RSBP Batam masih kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) untuk menangani pasien Covid-19 
TRIBUNBATAM.id, BATAM - Satu dari dua rumah sakit rujukan penanganan pasien Corona Virus Disease (Covid-19) di Batam, Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam masih membutuhkan tambahan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis.
Bukan tanpa alasan, RSBP Batam hingga kini masih menangani beberapa pasien baik terkonfirmasi Covid-19 dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).
Humas RSBP Batam, Okta Riza saat ditemui Tribunbatam.id, Selasa (7/4/2020) mengatakan, saat ini pihaknya masih membutuhkan tambahan APD untuk melindungi diri dari bahaya Covid-19.
"Tim medis kan setiap hari melakukan penanganan, pelayanan terhadap pasien Covid-19. Jadi APD sangat diperlukan bagi petugas," ujarnya.
Okta menyebutkan, kebutuhan APD dalam sehari di RSBP Batam bisa menghabiskan 30 APD.

"Ada tim medis terdiri dari perawat, dokter, CS, mereka dibagi 3 shift setiap hari untuk melayani pasien covid-19. Artinya kita butuh persediaan masker," ujarnya.
APD yang tersisa saat ini kurang lebih ada 100 unit. Sementara tim medis yang bertugas untuk menangani pasien Covid-19 ada 25 orang. Dengan APD yang ada saat ini, diperkirakan hanya dapat bertahan hingga 3 hari mendatang.
 
Tidak hanya APD, RSBP Batam juga butuh tambahan alat ventilator. Sebab hingga kini RSBP Batam baru memiliki satu unit alat ventilator untuk penanganan pasien Covid-19. 
Meski demikian manajemen RSBP Batam terus melakukan upaya peningkatan fasilitas pelayanan tim medis.
(Tribunbatam.id/bereslumbantobing)
Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved