Breaking News:

VIRUS CORONA DI BATAM

Pasien Positif 011 Corona di Batam Sempat Kesulitan ke RS Rujukan, Total 12 Positif Covid-19

Pasien pertama seorang laki-laki berusia 62 Tahun. Pasien diketahui berasal dari Bandung, Jawa Barat dan baru 2 bulan tinggal di Batam.

ISTIMEWA
Update Corona di Kepri 13 April 2020 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pasien positif virus Corona di Kota Batam, Provinsi Kepri bertambah 2 orang.

Dua orang berjenis kelamin masing-masing laki-laki dan perempuan ini terungkap Covid-19 berdasarkan hasil swab test yang dilakukan rumah sakit.

Pasien pertama adalah seorang laki-laki berusia 62 Tahun. Pasien diketahui berasal dari Bandung, Jawa Barat dan baru 2 bulan tinggal di Batam, serta bekerja sebagai juru ukur di kawasan pelabuhan Telaga Punggur.

"Seminggu sebelum masuk Rumah Sakit yang bersangkutan merasakan demam disertai sesak napas yang kemudian dibawa berobat ke salah satu klinik di daerah Kabil. Di klinik tersebut yang bersangkutan dilakukan tindakan pengobatan oleh tim medis dengan memberikan obat-obatan oral dan disarankan untuk rawat jalan saja," kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dalam rilis yang diterima TribunBatam.id, Senin (13/4/2020).

Kemudian pada 09 April 2020 lalu pasien kembali mengalami hal yang sama. Akhirnya dibawa kembali ke klinik tersebut dan selanjutnya di rujuk ke Rumah Sakit Swasta di Kawasan Batam Centre.

UPDATE Corona di Kepri, 4 Kasus Baru Termasuk Wali Kota Tanjungpinang, Total 27 Positif Covid-19

Di rumah sakit tersebut pasien dilakukan tindakan pemeriksaan penunjang Diagnostic Laboratorium dan Photo Thorax dengan hasil ditemukan Gambaran Pneumonia Dan Cardiomegali serta dilakukan RDT dengan hasil Non Reaktif.

Serta dilakukan pemeriksaan sampel swab yang hasilnya belum diperoleh saat itu juga, selanjutnya ditetapkan sebagai PDP.

Karena kondisinya terlihat semakin melemah tim medis mengupayakan untuk dilakukan rujukan ke rumah sakit rujukan namun tidak mendapatkan tempat mengingat semua rumah sakit rujukan sudah penuh.

Selanjutnya yang bersangkutan dirawat di ruang isolasi rumah sakit tersebut.

Rudi melanjutkan, Sabtu (11/4/2020) kondisi pasien terpantau semakin memburuk yang kemudian dilakukan tindakan RJP.

Namun tidak tertolong dan akhirnya meninggal dunia pada pukul 19.06 WIB.

"Pada hari ini diterima hasil swab dari BTKL PP Batam yang menyatakan terkonfirmasi Positif dan yang bersangkutan dimasukkan sebagai kasus terkonfirmasi positif Covid-19 Nomor 011 Kota Batam," tegas Rudi.

Pasien kedua seorang perempuan berusia 32 tahun. Bekerja selaku karyawan perusahaan swasta di Batam dan merupakan istri dari ASN.

5 Perampok Toko Emas Baku Tembak Dengan Polisi, 3 Pelaku Tewas Tertembak

UPDATE Corona di Kepri, 4 Kasus Baru Termasuk Wali Kota Tanjungpinang, Total 27 Positif Covid-19

 

Pasien ini diketahui memiliki riwayat kontak sekunder dengan kasus 07 & 08.

"Pada 8 April 2020 lalu yang bersangkutan melakukan pemeriksaan RDT/rapid test di salah satu Puskesmas daerah Batam Center dengan diperoleh hasil reaktif. Mengingat tidak ada gejala yang menyertainya diberikan edukasi untuk melakukan self isolation/karantina mandiri di rumahnya," papar Rudi.

Selanjutnya pada tanggal 10 April 2020 lalu pasien dilakukan pengambilan sample swab oleh Tim Analis BTKLPP Batam di salah satu Rumah Sakit swasta di kawasan Batam Center. Hasilnya baru diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi positif.

"Berdasarkan hasil tersebut yang bersangkutan ditetapkan sebagai kasus terkonfirmasi positif Covid-19 No. 12 Kota Batam, dan saat ini yang bersangkutan telah dilakukan perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit rujukan RSBP Batam guna penanganan medis lebih lanjut. Demikian Press release ini disampaikan untuk dapat dimaklumi," tuturnya. (*/Tribunbatam.id/Roma Uly Sianturi)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved