Jelang Ramadan, Transaksi di Toko Emas Batam Didominasi Aksi Jual Emas

Covid-19 memberikan dampak besar dalam sekotor ekonomi dan perdagangan. Menjelang bulan Ramadan, transaksi di toko emas justru sepi.

TribunBatam.id/Elhadif Putra
Ilustrasi transaksi jual beli emas di sebuh toko. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Menjelang bulan Ramadan, beberapa toko emas di kota Batam tampak sepi (14/4).  Bukan tanpa alasan, covid-19 tampaknya memberikan dampak besar dalam kehidupan manusia, khususnya ekonomi dan perdagangan.

Berdasarkan pantauan, sepinya pengunjung di toko emas berdampak pada penurunan transaksi jual-beli di toko tersebut.

Ketika ditemui oleh Tribunbatam.id, pemilik Toko Emas Piliang di Pasar Sei Harapan, mengatakan saat ini transaksi jual-beli di toko emas miliknya berkurang sejak sebulan terakhir.

"Sebulan terakhir ini sepi sih Mbak. Terutama pembelian. Tiga hari berturut-turut kebanyakan pada menjual kalung emas 24 Karat. Tahun-tahun sebelumnya menjelang bulan puasa gini biasanya banyak yang datang beli emas," ujarnya.

"Harga beli emas 24 karat hari ini sekitar Rp 860-870 ribu/gram. Seminggu kemarin tinggi sih Rp 900 ribuan/gramnya. Harga jual kembali untuk 24 karat Rp 800 ribu lah, tergantung kondisi barang. Kalau 22 karat saat ini Rp 860 ribu/gramnya," ujarnya.

Hal serupa dikatakan oleh pemilik Toko Emas Star 99 di BCS Mall. Ia mengatakan pembelian emas menurun semenjak 2 pekan terakhir.

"Menurun dratis tidak juga. Tapi terasalah dibandingkan tahun lalu yang ramai. Paling banyak menjual emas sih, mungkin untuk keperluan menjelang puasa atau bagaimana saya tidak tahu persisnya seperti apa. Apalagi pengunjung mall kan berkurang juga," paparnya.

Dikatakannya,harga beli 24 karat hari ini sekitar Rp 840 ribu per gram, emas 23 karat Rp 790 ribu lah per gram. ‘’Kalau emas 24 Karat kalau jual lagi biasanya sekitar Rp 780 ribu lah per gram," ujarnya.

Tidak berbeda dengan Toko Mas Kirei, pegawai toko mengatakan bahwa transaksi mulai menurun sejak sepekan terakhir.

"Emas 22 Karat kita jual Rp 725 ribu/gram, kalau jual lagi harganya sekitar Rp 400 ribuan/gram. Tergantung kondisi barang dan surat kelengkapannya," jelasnya.

Sepuluh hari menjelang Ramadan 1441 Hijriah, namun beberapa toko emas di Batam justru mengalami penurunan transaksi dan sepi pengunjung diakibatkan pandemi yang masih belum berakhir. (*)

Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri
Editor: Rimna Sari Bangun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved