Breaking News:

Kapolri Keluarkan Perintah Cegah Kejahatan Jalanan Oleh Napi Asimilasi Covid-19

Kapolri Jenderal Idham Azis mengeluarkan surat telegram untuk menjawab kekhawatiran warga mengenai ancaman meningkatnya kejahatan jalanan.

TRIBUN/IQBAL FIRDAUS
Kapolri Idham Azis 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Kapolri Jenderal Idham Azis mengeluarkan surat telegram untuk menjawab kekhawatiran warga mengenai ancaman meningkatnya kejahatan jalanan.

Kekhawatiran itu muncul seiring dengan narapidana yang mendapat asimilasi dan pembebasan bersyarat karena virus corona Covid-19.

Surat telegram bernomor ST/1238/IV/OPS.2/2020 tersebut ditandatangani oleh Kabaharkam Polri Komjen (Pol) Agus Andrianto selaku Kepala Operasi Terpusat (Kaopspus) Kontinjensi Aman Nusa II-Penanganan Covid-19.

Agus menuturkan, surat tersebut berisi arahan bagi jajarannya untuk mencegah peningkatan kejahatan, khususnya kejahatan jalanan.

Agus tidak memungkiri kebijakan pembebasan para napi di tengah wabah Covid-19 menimbulkan masalah baru di masyarakat.

Menurut Agus, para napi akan kesulitan mencari pekerjaan sehingga dapat berdampak pada aspek sosial, ekonomi, hingga keamanan.

"Kebijakan tersebut berpotensi menimbulkan permasalahan baru karena saat dibebaskan mereka akan kesulitan mencari pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya di tengah wabah Covid-19," ujar dia.

Maka dari itu, ia meminta jajarannya bekerja sama dengan pihak lembaga pemasyarakatan untuk memetakan napi yang dibebaskan.

Kemudian, bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap para napi tersebut.

Pembinaan dapat dilakukan lewat pelatihan agar para napi menjadi lebih produktif dan mendapatkan penghasilan.

Halaman
123
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved