Breaking News:

TRIBUN WIKI

Sering Disebut Memar, Kenali Jenis dan Gejala Hematoma, Paling Bahaya di Sekitar Kepala

Hematoma adalah kumpulan darah tidak normal yang berada di luar pembuluh darah. Kondisi ini bisa terjadi pada bagian tubuh manapun dan terasa nyeri.

Penulis: Widi Wahyuning Tyas | Editor: Dewi Haryati
Sering Disebut Memar, Kenali Jenis dan Gejala Hematoma, Paling Bahaya di Sekitar Kepala
Tribunnews Wiki
Ilustrasi hematoma pada kulit

TRIBUNBATAM.id - Saat terjatuh atau terantuk benda tumpul, kulit biasanya akan mengalami memar.

Dalam istilah medis, kondisi memar pada kulit disebut dengan hematoma.

Hematoma adalah kumpulan darah tidak normal yang berada di luar pembuluh darah.

Kondisi ini dapat terjadi saat dinding pembuluh darah arteri, vena, atau kapiler mengalami kerusakan sehingga darah keluar menuju jaringan yang bukan tempatnya.

Kumpulan darah ini bisa terjadi pada bagian tubuh mana pun dan menyebabkan jaringan sekitarnya terasa nyeri atau bengkak.

Dalam keadaan normal, pembuluh darah dalam tubuh terus menerus memperbaiki diri sehingga dapat mengatasi luka yang kecil dengan membentuk bekuan darah.

Namun jika lukanya besar dan tekanan pada pembuluh darah meningkat, kebocoran darah akan terus terjadi dan hematoma semakin luas.

Kebocoran darah dan hematoma yang terus meluas dapat mengakibatkan penderita kehilangan darah dalam jumlah banyak dan mengalami syok.

Hematoma dapat terjadi di beberapa bagian tubuh, misalnya pada rongga kepala, di bawah kuku jari, atau di dalam cuping telinga.

Sebagian besar kasus hematoma disebabkan oleh cedera, baik yang berat seperti kecelakaan dan patah tulang, maupun yang ringan seperti terkilir atau akibat bersin terus menerus.  

Halaman
1234
Sumber: TribunnewsWiki
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved