Breaking News:

VIRUS CORONA DI BATAM

Empat Kali Hasil Uji Swab Positif, Inilah Riwayat 2 Pasien Sembuh Virus Corona di Batam

Mona mulai menunjukkan gejala baik setelah hasil swab tenggorokan kelima pada 14 April 2020. Hasil pemeriksaan negatif pertama keluar 17 April 2020.

TRIBUNBATAM.id/BERES LUMBANTOBING
Mona Parlinggoman Siregar, pasien yang dirawat selama 46 hari di RSBP Batam berhasil sembuh 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pemerintah Kota Batam menyampaikan kronologis dua pasien positif virus Corona, nomor 02 dan 05 yng dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Batam berdasarkan informasi hasil swab yang diperoleh dari BTKLPP Kelas I Batam, pasien positif kasus 02 Kota Batam, Mona Parlinggoman Siregar sebelumnya menjalani perawatan d RSBP Batam sejak 14 Maret 2020 sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Pria 32 tahun asal Sumatra Utara ini terkonfirmasi positif dari hasil pemeriksaan swab pertama pada 20 April 2020.

Mona kemudian menjalani pemeriksaan swab kedua pada 23 Maret 2020. Hasil pemeriksaan yang keluar pada 31 Maret 2020 atau satu minggu setelah sampel swab diambil masih menunjukkan positif.

"Selanjutnya tanggal 1 April 2020, dilakukan kembali pemeriksaan swab ketiga. Hasilnya diterima pada tanggal 10 April 2020 dengan kesimpulan masih dinyatakan positif. Pada hari yang sama tersebut kembali dilakukan pemeriksaan swab keempat, yang hasilnya diperoleh tanggal 13 April 2020 dengan kesimpulan juga masih positif sehingga masih terus dilakukan perawatan terhadap yang bersangkutan," ujar Wali kota Batam, Muhammad Rudi dalam keterangan yang diterima TribunBatam.id, Selasa (28/4/2020).

Mona diketahui mulai menunjukkan gejala baik setelah hasil swab tenggorokan kelima pada 14 April 2020.

Hasil pemeriksaan swab yang keluar pada tanggal 17 April 2020 menunjukkan negatif pertama. Selanjutnya tanggal 20 April 2020 kembali dilakukan pengambilan swab keenam dan pada hari ini 28 April 2020 diperoleh kembali hasil kesimpulannya adalah “Negatif Kedua”

"Dengan demikian yang bersangkutan dinyatakan sembuh dan diperbolehkan keluar dari rumah sakit. Saat ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan sehat dan stabil tanpa adanya keluhan yang berarti serta dalam persiapan untuk kembali ketempat tinggalnya guna melaksanakan self isolatian/karantina mandiri selama 14 hari," ucapnya.

Selain Mona, pasien positif 05 Kota Batam diakui Rudi dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Pasien laki-laki Jusni Al Alim (49) ini dirawat di RSBP Batam sejak tanggal 28 Maret 2020 dan langsung dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan dan pada tanggal 30 Maret 2020 serta dilakukan RDT dengan hasil Non Reaktif.

Selama 5 hari perawatan kondisi yang bersangkutan semakin membaik dan akhirnya diperbolehkan pulang dengan edukasi harus self isolasi/karantina mandiri di rumah sampai dengan hasil swab keluar.

Kemudian pada tanggal 4 April 2020 hasil swabnya keluar dengan kesimpulan terkonfirmasi positif dan dinyatakan sebagai kasus Covid-19 terkonfirmasi Positif 05 Kota Batam.

BESOK Bakal Melintasi Bumi, Simak Fakta Asteroid 1998 OR2, Terlihat Mirip Pakai Masker

VIDEO - Polisi Gerebek Kampung Narkoba dan Tangkap 6 Orang di Lokasi

"Tanggal 7 April 2020 dilakukan pemeriksaan swab yang kedua beserta istri dan asisten rumah tangganya. Pada 9 April 2020 yang bersangkutan kembali dirawat di ruang isolasi RSBP Batam guna penanganan medis lanjut walaupuan tanpa keluhan yang berati," ungkapnya.

Hasil pemeriksaan swab kedua baru diketahui pada 15 April 2020 dengan kesimpulan semuanya “negatif’ termasuk istri dan asisten rumah tangganya.

Pada keesokan harinya tanggal 16 April 2020 kembali dilakukan pemeriksaan swab ketiga dan hasilnya baru diterima pada hari ini 28 April 2020 dengan kesimpulan “Negatif”.

"Perlu disampaikan selama dalam masa perawatan diruang isolasi RSBP Batam yang bersangkutan dalam kondisi kesehatan yang stabil tanpa adanya keluhan yang berarti. Dengan demikian yang bersangkutan dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Saat ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan sehat dan stabil serta dalam persiapan untuk kembali ketempat tinggalnya guna melaksanakan self isolatian/karantina mandiri dirumahnya selama 14 hari," tambahnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved