Breaking News:

VIRUS CORONA

Jumlah Penderita Gangguan Jiwa Meningkat di Indonesia Akibat Pandemi Virus Corona

Selain soal kesehatan fisik hingga kegiatan sosial ekonomi yang terganggu, kesehatan jiwa masyarakat juga ikut terguncang.

National Geographic
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA- Penyebaran virus Corona di Indonesia menimbulkan sejumlah masalah.

Tak hanya masalah kesehatan, pandemi virus corona di Indonesia ternyata berdampak sangat luas.

Selain soal kesehatan fisik hingga kegiatan sosial ekonomi yang terganggu, kesehatan jiwa masyarakat juga ikut terguncang.

Akibat pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang kesehatan jiwanya terganggu karena aktivitas perekonomian dan pekerjaannya terhenti.

”Yang terdampak bukan hanya pasien Covid-19, ODP (Orang Dalam Pemantauan), OTG (Orang Tanpa Gejala), PDP (Pasien Dalam Pengawasan), orang sehat pun terdampak.

Jumlah ODP di Bintan Bertambah Jadi 116 Orang, PDP 20, OTG 130, Positif Corona 2

2 Karyawan Meninggal karena Corona, Ratusan Pekerja Pabrik Rokok Sampoerna Reaktif Covid-19

UPDATE Data Corona di Sumbar Kamis (30/4) Hari Ini Tambah 4, Total 149, 12 Daerah Masuk Zona Merah

Dampak Covid-19 ini luas, menyebabkan gangguan kesehatan jiwa,” kata Dirjen Pelayanan Kesehatan, Bambang Wibowo dalam peluncuran aplikasi Sehat Jiwa (Sejiwa) oleh pemerintah melalui video conference, Rabu (29/4).

Bahkan, kata Bambang, wabah Covid-19 membuat jumlah penderita gangguan jiwa di masyarakat bertambah dibandingkan dampak bencana-bencana lainnya. Meskipun, ia tidak menyebutkan angka pastinya.

”Kita perhatikan dampak Covid-19 ini, bandingkan misalnya dengan kasus lain, SARS dan dampak tsunami, wabah ini terjadi peningkatan gangguan kejiwaan dua kali lipat dibandingkan sebelumnya. Dampak bencana ini demikian besar," jelas Bambang.

Maka dari itu, dengan layanan kesehatan Sejiwa yang diluncurkan pemerintah ia berharap bisa membantu konseling dan layanan kejiwaan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Aplikasi Sejiwa merupakan bagian pelayanan kesehatan jiwa bagi yang terdampak Covid-19.

Halaman
123
Editor: Anne Maria
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved