Covid-19 Tak Menghambat Aktivitas Perkuliahan dan Penerimaan Mahasiswa Baru di UIB

UIB mendukung kebijakan pemerintah terkait antisipasi penyebaran Covid-19 dengan mengeluarkan beberapa kebijakan. Diantaranya kuiah daring.

TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
UIB melaksanaan perkuliahan daring untuk mahasiswa aktif dan proses penerimaan calon mahasiswa baru dengan cara daring untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sehubungan dengan surat edaran dari Walikota Batam yang menyatakan bahwa Batam harus melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai dengan waktu yang telah ditentukan, serta bahaya COVID-19 yang terus menyebar dengan status pengidap memasuki angka 12.000-an, pemerintah mengajak masyarakat untuk tetap di rumah dan bekerja di rumah.

Universitas Internasional Batam (UIB) mendukung kebijakan pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19, dengan cara ikut serta mengeluarkan beberapa kebijakan. Diantaranya adalah pelaksanaan perkuliahan daring untuk mahasiswa aktif dan proses penerimaan calon mahasiswa baru dengan cara daring.

UIB turut memberikan kemudahan terhadap layanan penerimaan mahasiswa baru. Mengingat awal perkuliahan bagi mahasiswa tahun 2020/2021 sudah semakin dekat. 
Siswa SMA/SMK yang ingin mendaftar di UIB dapat mengakses layanan pendaftaran online pada laman pendaftaran.uib.ac.id. Semua berkas yang dibutuhkan dapat disubmit secara online tanpa harus datang ke UIB untuk melakukan verifikasi.

Mahasiswa yang dinyatakan lolos verifikasi berkas akan mendapatkan nomor pendaftaran dan akan mengikuti ujian pada waktu yang telah ditentukan. Tidak hanya pendaftaran dan verifikasi saja yang bisa dilakukan dari rumah, tetapi ujian juga dilakukan dari rumah. 

“Ini akan menjadi kemudahan bagi setiap siswa yang ingin kuliah namun terkendala karena Covid-19. Apalagi saat ini penerbangan domestik ditutup, tentu siswa di Batam dan sekitarnya kebingungan untuk menentukan dimana mereka akan kuliah,” ungkap Wakil Rektor III UIB, Dr. Hepy Afriyanto.

“Untuk syarat pendaftaran, calon pendaftar harus memiliki persyaratan yang diminta dalam sistem. Jika ada yang tidak lengkap, maka yang bersangkutan tidak diperkenankan untuk mengikuti ujian online,” sambung Kepala Biro Humas UIB, Listia Nurjanah.

Adapun dokumen yang harus disubmit oleh calon pendaftar diantaranya adalah akta kelahiran, kartu keluarga, pas foto, surat keterangan sekolah, ijazah, kartu identitas, dan foto copy raport SMA/SMK.

Banyaknya pertanyaan yang masuk lewat media sosial tentang pendaftaran online di UIB menjadi salah satu alasan UIB untuk menggalakkan pendaftaran via online. 
Saat ini periode pendaftaran sudah memasuki gelombang 6, dan ujian saringan masuk akan diadakan pada tanggal 16 Mei 2020.

Pendaftaran online ini dapat diikuti oleh seluruh siswa dari penjuru Indonesia sampai ke berbagai negara. Karena UIB juga telah membuka kesempatan bagi mahasiswa asing yang ingin kuliah di UIB.

Adapun calon peserta yang sudah mendaftar pada gelombang online ini diantaranya dari Provinsi Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Timor Leste, Thailand bahkan sampai Ghana.

Mengingat perkuliahan baru akan dimulai pada September 2020, maka masih ada waktu untuk melakukan pendaftaran secara online. Saat ini perkuliahan di UIB memang dilaksanakan secara online mengingat kondisi Covid-19 yang belum stabil.

Seluruh perkuliahan baik praktik maupun teori dilaksanakan menggunakan media pembelajaran seperti Microsoft Teams, Zoom dan Edmodo. Jika kondisi ini belum mereda, maka akan berdampak juga pada kegiatan ospek mahasiswa baru pada Agustus 2020.

Mengingat pengumpulan massa dalam jumlah ribuan akan sangat berbahaya.

“Kita akan melihat perkembangan kondisi ini terlebih dahulu. Jika memang masih perlu diberlakukan karantina wilayah, maka pengenalan kegiatan kampus juga akan dilaksanakan secara online.

Namun kita berharap kondisi ini cepat berlalu agar kegiatan dapat terlaksana seperti sebelumnya,” lanjut Listia.

Apabila kondisi sudah membaik dan pemerintah mencabut kebijakan terkait Covid-19, maka proses penerimaan mahasiswa baru dan perkuliahan akan kembali normal. 
(adv)

Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved