Breaking News:

HIKMAH RAMADHAN

Puasa Dalam Dimensi Takwa 

Tujuan perintah puasa secara tegas dinyatakan “la’allakum tattaqun” agar seseorang menjadi takwa-satu maqam yang harus dicapai.

ISTIMEWA
Effendy Asmawi Alhajj 

“Andaikan, penduduk bumi merasakan sedikit saja dari apa yang diperoleh orang yang bertakwa, pastilah mereka akan menggigit jari dari kenikmatan yang dirasakannya” (al-Hukama). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Ramadhan syahrun adzim, syahrul Mubarak (bulan yang agung, bulan yang penuh kebajikan), demikian ungkapan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tatkala Ramadhan tiba. 

Tujuan perintah puasa secara tegas dinyatakan “la’allakum tattaqun” agar seseorang menjadi takwa-satu maqam yang harus dicapai dalam perkembangan rohani manusia (QS Al-Baqarah: 183). 

Pada mulanya takwa menyangkut hubungan manusia dengan Tuhan, tetapi implikasi takwa harus membuat seseorang muslim berpikir bagaimana mengatur kehidupan yang berubah-ubah, atau dengan kata lain bagaimana atas dasar takwa itu seseorang muslim membentuk suatu cara hidup. 

Dan cara hidup itu, kita pahami sekarang ini sebagai kebudayaan. 

Karena itu implikasi takwa adalah pembudayaan tradisi-tradisi mulia, ini sebagaimana dijelaskan dalam Al-qur’an bahwa sikap takwa itu antara lain bersikap adil, Allah Ta'ala berfirman, “berlakulah adil, karena adil lebih dekat kepada takwa” (QS al-Maidah: 8). 

Dengan begitu, “takwa akan menyelamatkan seseorang dari kekerdilan jiwa (QS al-Hasyr: 9). 
Dalam skala yang lebih luas takwa adalah juga sebuah dasar kemanusiaan, takwa merupakan dasar silaturahmi membentuk keluarga dan kekerabatan (QS an-Nisa:1). 

Takwa menyatukan seluruh kemanusiaan dari berbagai warna kulit, rasa tau keturunan.

Firman Allah Ta'ala:

“Kami menciptakan dari pria dan wanita dan membuat kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling objektif yang menjadi dasar hubungan antar bangsa ras, suku maupun antar individu. 

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved