Breaking News:

Maskapai Boleh Terbang Lagi, Berikut Perintah Kemenhub Buat Cegah Virus Corona di Bandara

Maskapai penerbangan sudah diperbolehkan beroperasi lagi, meski demikian warga tetap dilarang melakukan mudik.

dok_tribun-batam/argianto
PETUGAS KKP Bandara Hang Nadim Batam memeriksa kesehatan calon penumpang penerbangan khusus (exemption flight) Garuda yang akan terbang ke Jakarta, Rabu (6/5/2020) siang. 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA- Pemerintah kembali membuka izin penerbangan bagi maskapai penerbangan.

Maskapai penerbangan sudah diperbolehkan beroperasi lagi, meski demikian warga tetap dilarang melakukan mudik.

Maskapai penerbangan Lion Air Group misalnya, memastikan diri akan terbang di rute-rute domestik mulai 10 Mei 2020.  

Terkait hal ini, Kementerian Perhubungan meminta operator bandara PT Angkasa Pura 2 (AP2) dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) lebih antisipatif terhadap jadwal kedatangan penumpang di bandara sehingga selalu siap dalam menerapkan protokol kesehatan terkait dengan penanganan Covid-19.

Instruksi ini disampaikan menyusul terjadinya penumpukan penumpang penerbangan internasional yang tiba hampir bersamaan di terminal 3 Soekarno Hatta, Kamis 7 Mei 2020 siang hingga sore hari.

HARI Ini, Jumat (8/5) Maskapai Citilink Mulai Buka Penerbangan dari Bandara Hang Nadim Batam

Dalam Sehari, Bandara Hang Nadim Batam Layani 8 Penerbangan Kargo

Mulai Besok Citilink Akan Kembali Layani Penerbangan Domestik

"Sebelumnya kami juga telah mengingatkan agar KKP yang berada di bawah Kementerian Kesehatan memberikan layanan yang lebih baik kepada para penumpang agar tidak terjadi antrian panjang,” lanjut Novie Riyanto.

Ada lebih dari 400 orang penumpang WNI yang sebagian besar adalah pekerja migran Indonesia yang tiba hampir bersamaan menggunakan empat maskapai yang berbeda.

Mereka harus melewati proses protocol kesehatan berupa pengecekan Healt Alert Card, pemeriksaan suhu tubuh, pemeriksaan saturasi oksigen, wawancara per penumpang dan rapid test untuk WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal.

Prosesnya memakan waktu lama sehingga memicu antrian panjang yang menyebabkan penumpukan orang di beberapa titik.

Kondisi di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang sempat memanas pada Minggu (15/3/2020). Para pengguna jasa Bandara Soetta tampak gusar di pelataran Terminal 3.
Kondisi di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang sempat memanas pada Minggu (15/3/2020). Para pengguna jasa Bandara Soetta tampak gusar di pelataran Terminal 3. (Warta Kota/Andika Panduwinata)

“ KKP harus lebih cepat memberikan pelayanan dengan menambah lebih banyak sumber daya manusia di bandara, dan juga harus lebih baik dalam memberikan penjelasan tentang proses pengecekan kesehatan kepada seluruh penumpang," tegas Novie.

Halaman
12
Editor: Anne Maria
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved