Breaking News:

TKI Ilegal dari Malaysia Menyelinap Masuk Batam, Diamankan Bakamla di Hutan Bakau

Badan Keamanan Laut RI mengamankan 19 TKI ilegal yang tiba di Batam melalui pelabuhan tidak resmi, Sabtu (9/5/2020) dini hari.

Editor: Agus Tri Harsanto
ISTIMEWA/BAKAMLA
Petugas memeriksa kesehatan TKI Ilegal yang diamankan Bakamla RI 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Badan Keamanan Laut RI mengamankan 19 TKI ilegal yang tiba di Batam melalui pelabuhan tidak resmi, Sabtu (9/5/2020) dini hari.

Sebanyak 19 TKI Ilegal dari Malaysia terdiri dari 17 pria dan 2 wanita, termasuk didalamnya seorang anak laki-laki berusia 2 tahun diamankan oleh Satgas Operasi Lintas Batas Bakamla di daerah hutan bakau Tanjung Saung.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Zona Maritim Barat Bakamla Laksamana Bakamla Eko Murwanto saat memberikan keterangan tentang pengamanan PMI ilegal oleh Bakamla.

“Berkat kerjasama dengan semua pihak dalam hal ini APMM Malaysia, dan kesiapsiagaan unsur, Bakamla berhasil mengamankan PMI ilegal dari Malaysia yang mencoba pulang melalui jalur pelabuhan ilegal,” ungkapnya.

Pengamanan PMI ilegal ini berawal dari informasi yang diberikan oleh APMM Malaysia kolonel Mohd Zul Fadeli bin Nayan.

Berdasarkan pantauan radar Jumat (8/5/2020) pukul 20.00 WIB, adanya boat dari Indonesia diduga akan melakukan mobilisasi PMI ilegal.

Menerima info tersebut Satgas segera melakukan melakukan tindakan antisipasi penyekatan di sejumlah titik masuk.

Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia
Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia (ISTIMEWA)

Tengah malam sekitar pukul 01.00 Wib, satgas memantau siluet boat dari arah Malaysia dan dari siluetnya sesuai dengan yang diinfokan oleh APMM.

Satgas segera melakukan intersep. Boat tersebut setelah mengetahui kedatangan satgas langsung melarikan diri dan dikejar oleh satgas.

Tekong/nahkoda boat tersebut tampaknya orang lokal sehingga sangat paham jalur tikus di perairan Batam.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved