Breaking News:

Segera Hindari! Makanan Sahur Ini Jadi Penyebab Sering Merasa Haus di Siang Hari saat Puasa

Beberapa makanan ini justru membuat Anda merasakan haus berlebihan saat berpuasa

Editor: Aminudin
sonashomehealth.com
Ilustrasi Dehidrasi-haus 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Ketika sahur, kita cenderung ingin membuat makanan yang simpel dan mudah dimasak namun memiliki rasa yang enak.

Namun Anda perlu berhati-hati juga ketika memilih menu sahur.

Pasalnya jika tak diperhatikan dengan baik, beberapa makanan justru akan membuat Anda merasakan haus yang berlebihan saat puasa.

Meski baik untuk menyiapkan cadangan energi tubuh untuk seharian berpuasa, ternyata makanan dan minuman manis malah bisa menyebabkan puasa terasa lebih berat, Anda. 

Sebuah penelitian mengungkapkan alasan mengapa tubuh justru membutuhkan lebih banyak air, usai menyantap makanan mapun minuman manis.

Peneliti dari University of Texas (UT Southwestern) menemukan, hormon FGF21 memainkan peran mekanisme anti-dehidrasi dengan bertindak pada otak untuk meningkatkan keinginan minum air.

Ilustrasi Wanita minum air putih
Ilustrasi Wanita minum air putih (net)

Ini dikatakan, terjadi sebagai respons terhadap tekanan nutrisi spesifik yang menyebabkan dehidrasi.

"Hormon ini kemudian berjalan dalam darah ke bagian tertentu dari otak, hipotalamus, untuk merangsang rasa haus, dengan demikian mencegah dehidrasi," kata Dr. Steven Kliewer, Profesor Biologi Molekuler dan Farmakologi di UT Southwestern Medical Center.

Tanpa diduga, FGF21 bekerja melalui jalur baru yang independen dari jalur henti renin-angiotensin-aldosteron klasik di ginjal.

Hormon FGF21 terutama disekresikan oleh hati.

Laporan lain menemukan, variasi tertentu dari gen itu tidak hanya bertanggung jawab untuk mendorong keinginan mengonsumsi gula, tetapi juga dikaitkan dengan lemak tubuh yang lebih rendah.

Dia menambahkan, untuk merangsang rasa haus, FGF21 melakukan perjalanan dalam darah ke daerah otak yang dikenal sebagai hipotalamus.

Para peneliti menyatakan, haus yang disebabkan oleh hormon tampaknya bergantung pada jalur sinyal yang dikenal sebagai sirkuit β-adrenergik.

Mereka menambahkan, penelitian ini dapat memperkenalkan perspektif baru untuk penelitian metabolik, yang umumnya meneliti perilaku makan sebagai lawan hidrasi.

"Untuk menempatkan ini dalam konteks, kita selalu melihat asupan makanan, dan bidang metabolik telah menghabiskan waktu yang relatif sedikit mempelajari asupan air," kata Dr. Kliewer.

"Studi ini menunjukkan, kita harus berpikir lebih banyak tentang hidrasi dan bagaimana hal itu dapat berkontribusi terhadap metabolisme," pungkasnya.

Untuk itu Anda tidak disarankan mengonsumsi makanan manis secara berlebihan ketika sahur.

SUBSCRIBE YOUTUBE CHANEL TRIBUN BATAM OFFICIAL:

Artikel ini tayang di Nakita -- Hati-hati, Sahur dengan Makanan Ini Bisa Sebabkan Haus Berlebihan

Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved