Breaking News:

VIRUS CORONA DI BATAM

Dokter PMI Ungkap Cara Kerja Rapid Test, Jangan Buru-buru Panik Saat Tahu Reaktif, Ini Penjelasannya

Tes cepat (rapid test) hanya memiliki keakuratan sekitar 30 hingga 40 persen untuk mengetahui apakah seseorang memiliki gejala virus Corona (Covid-19)

Penulis: | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Himi Heptana
Dokter Palang Merah Indonesia (PMI), dr Novi saat rapid test di rumah duka Marga Tionghoa Kota Batam, Minggu (17/5/2020). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Rapid test atau tes cepat yang dilakukan dirumah duka Marga Tinghoa berlangsung tertib.

Para pekerja antusias mengikuti rapid tes atau tes cepat itu. Ada 81 orang pekerja yang melakukan tes cepat. Tempat duduk yang disediakan juga mengikuti protokol kesehatan dengan diberi jarak kurang lebih satu meter.

Pantauan TribunBatam.id, ada sekitar 6 orang panitia yang melakukan tes cepat, termasuk Sekretaris Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Batam, Delvina dan Dokter Novi dari Palang merah Indonesia (PMI).

Dokter Novi menjelaskan, tes cepat hanya memiliki keakuratan sekitar 30 hingga 40 persen untuk mengetahui apakah seseorang memiliki gejala virus Corona atau tidak.

"Ini hanya awal, keakuratannya 30 hingga 40 persen, untuk diagnosa positif Covid-19 menggunakan PCR atau swab," kata Novi pada TribunBatam.id, Minggu (17/5/2020).

Tes cepat hanya untuk screening awal, meskipun tes cepat dilakukan 2 kali dan hasil reaktif tidak bisa dikatakan sebagai positif Covid-19.

Walaupun sudah dilakukan 2 kali dengan hasil reaktif, bisa saja memudar dengan menjaga kesehatan.

Jika ada orang dengan hasil tes cepat hasilnya reaktif dianjuran untuk isolasi mandiri, rajin cuci tangan sebelum makan, jaga kebersihan dan melaporkan kepada puskesmas di wilayahnya tempat tinggalnya.

Pekerja Rumah Duka di Batam Jalani Rapid Test

Pekerja di rumah duka marga Tionghoa di Jalan Gajah Mada Baloi Indah, Kota Batam, Provinsi Kepri, menjalani rapid test.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved