Breaking News:

RAMADHAN DI BINTAN

Meski Zona Hijau, Kakankemenag Bintan Minta KUA Serukan Protokol Kesehatan saat Salat Berjamaah

Bagi pengurus masjid, pihaknya mempersilahkan agar menyusun jadwal untuk petugas pelaksana salat berjemaah termasuk untuk penceramah.

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Istimewa
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, Erman Zaruddin. Pihaknya meminta peran KUA untuk mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan meski Bintan diperbolehkan melaksanakan salat berjamaah. 

TRIBUNBINTAN.com, BINTAN - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, Erman Zaruddin mengimbau Kantor Urusan Agama (KUA) dan pengurus masjid untuk menyampaikan pada masyarakat agar memperhatikan protokol kesehatan penanganan Covid-19 saat beribadah di masjid.

Hal itu menindaklanjuti edaran Bupati Bintan perihal telah diperbolehkannya masyarakat Bintan melaksanakan salat di masjid lantaran Kabupaten Bintan masuk zona hijau.

"Baik itu pelaksanaan salat Jumat, salat lima waktu, termasuk salat Id nanti, diharapkan KUA dan pengurus masjid menyampaikan pada masyarakat untuk tetap memperhatikan aturan yang berhubungan dengan protokol Covid-19," ujarnya, Minggu (17/5/2020).

Ia menuturkan, khusus pengurus masjid, pihaknya mempersilahkan agar menyusun jadwal untuk petugas pelaksana salat berjemaah termasuk untuk penceramah.

"Supaya pelaksanaan salat dapat berjalan lancar seperti biasanya. Kami harapkan juga masyarakat Kabupaten Bintan bisa memanfaatkan beberapa malam terakhir ini untuk makin memperbanyak berdoa dan ibadah di masjid. Sebab tidak semua daerah bisa melaksanakan shalat seperti di Bintan ini," terangnya.

Erman mengatakan, sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Kepri seperti Kota Batam,Tanjungpinang dan Kabupaten Karimun saat ini masih berlaku untuk tidak melaksanakan salat berjamaah di masjid.

Sejumlah kabupaten/kota itu diimbau untuk melaksanakan salat di rumah. Erman menjelaskan, alasan masyarakat Bintan dapat melaksanakan salat di masjid, karena kondisi terkini Kabupaten Bintan itu masuk wilayah zona hijau dalam penanganan Covid-19.

"Maka sesuai dengan fatwa MUI dan juga tausiyah MUI Provinsi Kepri, wilayah yang sudah terkendali bisa melaksanakan shalat jumat, shalat lima waktu, dan juga salat hari raya idul fitri di masjid-masjid sebagaimana biasanya,"terangnya.

Lanjutnya, kemudian karena sudah berada di posisi zona hijau,dan MUI Kepri telah menerbitkan tausiyahnya Bupati Bintan juga sudah mengeluarkan surat edaran menyangkut penguatan terhadap tausiyah MUI tersebut.

Dengan adanya tausiyah MUI dan surat edaran Bupati yang tidak bertentangan dan sejalan,maka untuk bintan mulai jumat kemarin sudah boleh melaksanakan salat di masjid," ungkapnya.

Hari Buku Nasional, Ada Diskon Buku Hingga 30 Persen di Gramedia Kota Batam

Demi Kencan dengan Petenis Cantik Kanada, Eugenie Bouchard, Fans Ini Mau Bayar Rp 1,26 Miliar

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved