VIRUS CORONA

Karena Hilangnya Banyak Nyawa akibat Corona, Donald Trump Kritik WHO sebagai 'Bonekanya' China

Badan Kesehatan Dunia (WHO) dituding sebagai bonekanya China. Kritikan itu dilontarkan oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

screenshot abcnews
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump 

TRIBUNBATAM.id, WASHINGTON DC - Badan Kesehatan Dunia (WHO) dituding sebagai bonekanya China. Kritikan itu dilontarkan oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump

Pernyataan tersebut keluar beberapa jam setelah Washington menyatakan badan di bawah PBB itu membiarkan virus Corona tak terkontrol, dan menyebabkan "hilangnya banyak nyawa". 

"Terdapat kegagalan dari organisasi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dunia," ujar Menteri Kesehatan Alex Azar pada Senin (18/5/2020). 

Azar menyatakannya dalam pertemuan virtual Dewan Kesehatan Dunia PBB, di mana WHO setuju perlunya peninjauan terkait kinerja mereka dalam merespons virus Corona

Direktur Jenderal Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus menerangkan, evaluasi independen, yang bertujuan mendapat rekomendasi, akan digelar "dalam waktu yang tepat".

Pertemuan selama dua hari, melibatkan 194 negara untuk meninjau WHO, terjadi di tengah ketegangan antara AS dan China mengenai virus Corona.

Trump menuding Beijing berusaha menyembunyikan data sebenarnya, dan menyebut lembaga pimpinan Tedros sudah gagal membuat Negeri "Panda" bertanggung jawab.

"Saya memutuskan untuk tidak membuat komentar apa pun hari ini (Senin)," kata Trump mengomentari pertemuan Dewan Kesehatan Dunia.

Diwartakan BBC Selasa (19/5/2020), presiden dari Partai Republik menyebut organisasi itu sebagai "China-sentris", dan " boneka China". 

Dia mengklaim bahwa WHO tidak hanya memberikan mereka "nasihat yang menyeramkan", namun juga salah dan seringkali berpihak ke Beijing.

Halaman
12
Editor: Lia Sisvita Dinatri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved